Polisi plus Binaragawan dari Grobogan

Polisi adalah profesinya. Binaraga adalah kiprahnya sebagai atlet. Polisi plus binaragawan itu Bripka Eko Suryono.

Polisi plus Binaragawan dari Grobogan
Bripka Eko Suryono. (Tribunnews/Theresia Felisiani)

Inibaru.id – Sebutan polisi plus nggak keliru bila disematkan pada Bripka Eko Suryono (37). Sebagai polisi, dia juga binaragawan karena dia atlet binaraga dengan banyak prestasi. Nggak dinyana, ketertarikannya pada binaraga bermula dari gangguan yang dialami tubuhnya. Apa itu?

Seperti dikutip dari Tribunnews (27/12/2017) saat bertugas di Jambi dia mengalami persoalan kolesterol.

"Perkenalan dengan binaraga terjadi saat masih tugas di Jambi, sekitar tahun 2010. Saya sempat mengalami masalah kolesterol yang menyebabkan lutut dan persendian terasa nyeri. Oleh teman, saya disarankan untuk fitnes. Saran itu kemudian saya ikuti. Setelah ikut fitnes jadi sehat. Akhirnya saya ketagihan dan menekuni fitnes hingga akhirnya jadi atlet binaraga sampai sekarang," ungkap Bripka Eko.

Bripka Eko yang kini anggota Sabhara Polres Grobogan, Jawa Tengah memiliki catatan bagus sebagai atlet binaraga. Prestasi itu antara lain, juara IV Binaraga Open Nasional di Boyolali pada 2013, dan pada tahun sama jadi juara III Piala Danpaspampres di Jakarta. Dia juga juara III Liga PABBSI Jateng (2014) dan juara II seleksi Pra PON di Semarang (2015).

Baca juga:
Jugijagijug, Ada Kereta di Bandara Soetta
WhatsApp akan Cabut Dukungan pada Sejumlah Sistem Operasi

Prestasi terbaru, Bripka Eko juara I dalam Kejurprov Jateng di Semarang. Dengan keberhasilan itu, dia akan menjadi bagian kontingen Grobogan dalam Porprov 2018 di Surakarta. Sebagai atlet binaraga, dia biasa bertanding di kelas 85 kg atau di atas 85 kg.

Perlu kamu tahu, sebelum menekuni binaraga, Bripka Eko lebih dulu bergelut dalam olahraga beladiri karate. Semasa masih duduk di SMA 1 Grobogan, dia pernah meraih prestasi saat mengikuti kejuaraan Karate Cepu Migas Cup.

Bripka Eko tercatat baru bertugas di Polres Grobogan sejak 2012. Saat diterima jadi anggota Polri tahun 2000, ia ditugaskan di Polda Jambi pada Divisi Provost. Kemudian, ia juga pernah dapat tugas sebagai ajudan kapolda, dan Ditlantas bagian Registrasi dan Identifikasi.

Bagaimana kiat Bripka Eko untuk bisa menjadi atlet binaraga? Menurutnya, butuh latihan tekun dan serius untuk membentuk otot. Selain itu, pola makan juga harus mendapat perhatian serius, terutama beberapa bulan menjelang ikut pertandingan.

Baca juga:
Tuduh Kakak Beradik Sebagai Pasangan Sejenis, Sri Mulyani Minta Maaf
Bali Aman! Sudah Dikonfirmasi Jokowi

Apa yang dilakukan Bripka Eko selama ini mendapat dukungan dari atasannya Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano. Selain sang atasan, dukungan penuh juga diberikan istrinya Musdhalifah.

Wujud dukungan sang istri ini boleh dibilang luar biasa karena Musdhalifah membuka usaha berupa tempat latihan fitnes atau gym.

"Jadi sekarang saya latihannya di tempat usaha istri," tambahnya. (EBC/SA)