Ini Alasan Pohon Cemara Identik dengan Pohon Natal

Ini Alasan Pohon Cemara Identik dengan Pohon Natal
Pohon cemara identik dengan pohon Natal. (Wetson Sawmil and Nursery)

Pohon Natal umumnya dibuat dari pohon cemara yang dihias ornamen khas Natal. Namun, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya mengapa pohon Natal identik dengan pohon cemara?

Inibaru.id – Natal adalah momen istimewa bagi umat Kristiani. Selaiknya hari raya, mereka akan mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan Natal. Nah, salah satu yang identik dengan perayaan Natal adalah pohon Natal yang biasanya tersedia di setiap gereja, rumah, bahkan pusat-pusat perbelanjaan.

Ketika mendengar pohon Natal, kebanyakan orang pasti bakal membayangkan pohon cemara. Yap, karena selama ini pohon cemara sangat identik dijadikan pohon Natal. Pemilihan pohon cemara sebagai pohon Natal ini bukan tanpa alasan, Millens. Ada sejumlah cerita yang menceritakan asal-usul pohon Natal.

Aneka Ornamen Penghias Pohon Natal (WomanTalk)

Aneka Ornamen Penghias Pohon Natal (WomanTalk)

Kompas.com (24/12/2017) menulis, salah satu cerita menyebut kala itu seorang biarawan bernama St Bonifasius berhasil mengkristenkan para penyembah pohon oak di Jerman. Bonifasius kemudian menebang pohon oak tersebut agar nggak disembah lagi. Namun, saat ditebang, tiba-tiba muncul pohon cemara kecil. Sontak, orang-orang pun terkejut dan langsung mempercayai pohon cemara sebagai pohon kehidupan yang mewakili kehidupan Kristus.

Ada pula kisah yang menceritakan tradisi pohon Natal berawal dari seorang reformis protestan bernama Martin Luther. Kekaguman Luther melihat kelap-kelip bintang dari celah pepohonan menginspirasinya untuk memasang lilin pada tiap-tiap batang pohon cemara di rumahnya.

Pohon Natal Saat Musim Salju (Sindo News)

Pohon Natal saat musim salju. (Sindonews)

Berbeda dengan kedua legenda sebelumnya, Deasy Maria melalui kompasiana mengatakan pohon cemara sama sekali  memiliki kaitan dengan perayaan natal, loh. Menurut Deasy, pohon cemara digunakan sebagai pohon Natal karena di Eropa, Natal bertepatan dengan musim dingin. Cuaca yang dingin disertai salju membuat daun-daun dari pepohonan berguguran. Hanya pohon cemaralah yang selalu terlihat hijau daunnya. Dari situ, pohon cemara melambangkan evergreen atau kehidupan yang kekal.

Hm, ada banyak versi cerita ya, Millens. Kalau kamu, lebih meyakini versi yang mana nih? (IB22/E04)