Plus-Minus Sikap Perfeksionis yang Wajib Kamu Pahami!

Plus-Minus Sikap Perfeksionis yang Wajib Kamu Pahami!
Nggak melulu baik, sikap perfeksionis juga bisa menjadikanmu terasingkan. (Unsplash)

Setiap sifat memiliki sisi positif dan negatif. Pun demikian dengan perfeksionis. Coba deh simak informasi plus-minus dari sikap perfeksionis berikut!

Inibaru.id – Setiap sifat pasti ada kelebihan dan keburukannya. Nggak terkecuali kamu yang perfeksionis. Kamu mungkin memiliki standar tinggi dalam melakukan sesuatu sehingga hasilnya juga memuaskan. Hidupmu juga cenderung teratur dan disiplin tinggi. Kamu dikenal sebagai orang yang nggak suka bertele-tele, enggan membuang waktu, dan lebih fokus pada dirimu sendiri. Bisa dibilang agak egois, namun masih wajar. He-he.

Lalu apa kelemahan sifat ini? Standar tinggi yang kamu terapkan terkadang membuat orang lain ogah bekerjasama denganmu. Eits, bukan berarti benci ya. Oya, orang perfeksionis juga cenderung mudah depresi lo, Millens! Soalnya, kamu ekspektasimu terlalu besar akan sesuatu dan jika hasilnya jauh di bawah itu, kamu bakal larut dalam kesedihan. Kebiasaanmu yang workaholic juga menghalangimu bersosialisasi dengan orang lain di luar lingkungan kerja. Jadi, nggak heran jika kamu cenderung tertutup dan jarang punya sahabat.

Nah, buat kamu yang merasa perfeksionis, kamu bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Egomu perlu diredam kalau mau fit dengan lingkungan. Jadi, pintar-pintarlah dalam mengontrol diri sendiri tanpa mengorbankan kualitas baik dalam dirimu. Sepakat, Millens? (IB23/E05)