Plt Bupati Jepara Ajak Keroyokan Tanggulangi HIV AIDS di Bumi Kartini
Temuan penderita HIV AIDS di Jepara yang mencapai 1.135 (kumulatif 1997-2019), menjadi nomor 1 di Jawa Tengah. (Inibaru.id/ Isyah M)

Plt Bupati Jepara Ajak Keroyokan Tanggulangi HIV AIDS di Bumi Kartini

Mengatasi masalah besar seperti HIV AIDS memang nggak bisa dilimpahkan pada satu instansi. Semua lembaga termasuk masyarakat harus siap sedia bahu membahu membebaskan Jepara dari kengerian virus ini.

Inibaru.id - Kasus meningkatnya temuan kasus HIV AIDS di Jepara, nggak hanya tanggungjawab pemerintah. Seluruh pemangku kepentingan, harus "mengeroyok" persoalan ini. Apalagi, dalam lima tahun ke depan, temuan penderita baru diprediksi masih terus terjadi.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyebut, fenomena ini nggak hanya terjadi di daerahnya. Dia mengatakan, hal ini terjadi pula di seluruh Jawa Tengah. Dia menganggap tingginya angka AIDS di Jepara merupakan bukti kerja keras dari lembaga-lembaga terkait. Dirinya jadi tahu apa yang harus dilakukan.

Untuk mengatasinya, dia mengajak seluruh stakeholder turut terlibat. Karena persoalan ini bukan hanya tanggungjawab dinas kesehatan. Selain itu, dia juga mengaku akan mengkaji terkait pengoptimalan peraturan daerah.


Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak semua elemen saling membantu menekan persebaran AIDS di Jepara. (Istimewa)

Dia berencana mengkaji penanganan Perda baru terkait ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) sementara Dinas terkait (Dinkes) akan mengantisipasi dan menangani kasus yang tampak. "Namun permasalah ini harus kita tangani bersama. Dimanapun jika ada embrio akan terjadi, itulah yang akan kita tangani bersama-sama," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, perlunya keluarga dari ODHA untuk membuka diri. Dia juga menginformasikan bahwa pemerintah akan memfasilitasi pengobatannya.

Di sisi lain, Nur Hidayat, Ketua Komisi C DPRD Jepara mengaku akan melakukan penekanan pada eksekutif, untuk meningkatkan pendanaan. Hal itu lantaran anggaran penanggulangan penyakit ini terhitung minim.

"Dari sisi penganggaran, kami akan sampaikan pada (plt) bupati," ucapnya.

Menurutnya, kasus HIV AIDS yang terus meningkat memerlukan perhatian lebih dari pemerintah. Lantaran, kesehatan adalah hak dasar dari setiap manusia. Hm semoga angka AIDS di Jepara bisa ditekan ya, Millens. (Pranoto/E05)