Pisau Dapur, Beda Jenisnya, Beda Kegunaannya

Pisau Dapur, Beda Jenisnya, Beda Kegunaannya
Berbagai jenis pisau dapur. (Inibaru.id/ Kyle Marsh)

Kebanyakan dapur di Indonesia hanya menyediakan satu jenis pisau untuk memotong berbagai bahan makanan. Padahal, pisau dapur sebenarnya ada banyak jenisnya. Setiap jenis pisau ini juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda, lo. Berikut adalah penjelasannya.

Inibaru.id - Biasanya, saat memasak, kebanyakan orang hanya menggunakan satu jenis pisau untuk memotong segala macam bahan pangan. Padahal, nggak semua bahan makanan cocok diolah dengan menggunakan satu jenis pisau yang sama lo, Millens.

Mulai dari pisau daging, pisau roti, hingga pisau carving memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Bentuk dari berbagai jenis pisau pun sudah disesuaikan dengan fungsi penggunaannya agar kegiatan memotong bahan makanan menjadi lebih mudah dan efisien. Agar nggak keliru, berikut adalah 5 jenis pisau beserta kegunaannya.

Chef’s Knife

Ilustrasi chef's knife. (Flickr)
Ilustrasi chef's knife. (Flickr)

Sesuai dengan namanya, pisau koki ini sering digunakan oleh para koki untuk memotong berbagai jenis bahan makanan. Memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 cm, chef’s knife sering disebut sebagai pisau serbaguna. Selain untuk memotong daging, chef’s knife juga dapat digunakan untuk memotong sayuran, mengiris buah, hingga mencincang bawang dan berbagai bumbu lainnya.

Paring Knife

Ilustrasi paring knife. (Flickr)
Ilustrasi paring knife. (Flickr)

Hanya berukuran 10 hingga 17 cm saja, paring knife atau pisau kupas ini memang didesain untuk mengupas kulit buah dan sayuran. Namun, nggak hanya itu saja kok, kamu juga bisa menggunakan paring knife untuk menyayat udang serta membuat hiasan dari buah dan sayur, Millens.

Bread Knife

Ilustrasi pisau roti. (Pixabay)
Ilustrasi pisau roti. (Pixabay)

Kalau kamu terbiasa memotong roti menggunakan pisau biasa, biasanya hasil potongan yang kamu dapatkan pasti kurang rapi kan, Millens? Nah, karena alasan inilah bread knife diciptakan.

Pisau yang juga dikenal dengan sebutan pisau roti ini didesain untuk memotong roti agar nggak hancur atau menghasilkan banyak remahan kasar saat dipotong. Pisau roti memiliki bentuk yang berukuran panjang dengan bagian bawah pisau yang nggak terlalu tajam dan bergerigi.

Cheese Knife

Ilustrasi cheese knife. (Shutterstock)
Ilustrasi cheese knife. (Shutterstock)

Seperti namanya, pisau ini memang berfungsi untuk memotong keju yang lunak dan agak lengket. Memiliki bentuk yang agak berbeda dengan pisau lainnya, cheese knife memiliki lubang-lubang di seluruh badan pisau, Millens. Lubang berukuran besar ini berfungsi agar potongan keju terlihat lebih rapi dan nggak lengket di pisau.

Boning Knife

Ilustrasi boning knife. (Tenartis)
Ilustrasi boning knife. (Tenartis)

Memiliki bentuk yang kecil dan tipis, boning knife dianggap sangat bermanfaat di dunia kuliner. Ciri khasnya adalah bentuk yang melengkung dan runcing di bagian ujung. Bentuk ini membantu para koki menggunakan pisau ini untuk memisahkan daging dari tulangnya, termasuk di area yang sempit dan sulit dijangkau.

Nggak hanya itu, lo, ternyata bentuknya yang melengkung ditujukan agar para koki memiliki kontrol yang lebih baik untuk memotong berbagai macam daging dengan seksama.

Nah, sudah tahu kan Millens kalau ternyata pisau yang kamu butuhkan di dapur nggak cuma satu saja? Ada berapa jenis pisau yang ada dapurmu, nih? (Tup/IB24/E07)