Pilkada DKI Bukti Pemilu Indonesia Semakin Baik

Pilkada DKI Bukti Pemilu Indonesia Semakin Baik
pilkada DKI putaran kedua(Foto:google)

inibaru.id-Pilkada DKI putaran kedua tak hanya mencuri perhatian masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, tapi juga warga negara asing. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan perwakilan beberapa kedutaan asing di Indonesia seperti Swiss, Srilangka, Cina, dan Bangladesh melakukan kunjungan ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta, Rabu (19/4).

Beberapa TPS yang dikunjungi diantaranya, TPS yang berada di Jakarta Timur, yakni TPS 95 di Lapas Wanita Pondok Bambu, dan TPS 33 serta 34 di Rusun Kampung Pulo. Sementara di Jakarta Pusat, TPS yang dikunjungi adalah TPS 15 di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM).

Seperti dituturkan Arief Hidayat, ketua KPU, perwakilan negara asing yang melakukan pemantauan saat pilkada kemarin adalah dalam rangka observasi. Mereka ingin menyaksikan sendiri penyelenggaraan pemilihan di Indonesia yang menurut mereka semakin membaik.

Perwakilan negara asing tersebut ingin melihat bagaimana proses pemungutan suara pilkada DKI putaran kedua yang berlangsung. Sebelumnya, pada pemungutan suara putaran pertama pada 15 Februari lalu, perwakilan tersebut juga ikut melakukan pemantauan bersama KPU.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menambahkan, kegiatan pemantauan yang dilakukan bersama perwakilan negara asing itu adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat internasional tentang penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Kunjungan tersebut juga untuk memperlihatkan wajah demokrasi di Indonesia. Mereka ingin melihat bagaimana antusiasme warga dalam memberikan hak suara, bagaimana masyarakat yang berbeda pilihan semua datang ke TPS dengan penuh rasa persaudaraan, tidak ada ketegangan, permusuhan, apalagi konflik antar pendukung yang di banyak negara hal semacam itu sangat jarang terjadi. (HA)