Pilih Skincare Wajah Berjerawat, Pastikan Mengandung Zat-Zat Berikut!

Pilih Skincare Wajah Berjerawat, Pastikan Mengandung Zat-Zat Berikut!
Zat yang harus ada dalam skincare anti jerawat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Memilih produk skincare untuk wajah berjerawat dan berminyak memang nggak gampang. Salah-salah, jerawat tambah parah dan meninggalkan bekas yang mengganggu. Karena itu, buat kamu yang sedang berencana merawat wajah berjerawat, pastikan kandungan ini ada dalam rangkaian skincare-mu.

Inibaru.id – Kamu yang memiliki wajah berjerawat lengkap dengan minyaknya memang harus ekstra sabar dalam merawatnya. Perawatan yang tepat akan mengurangi tumbuhnya jerawat dan mencegahnya meninggalkan bekas.

Karena itu, kamu perlu teliti dalam membeli skincare. Pastikan mengandung bahan-bahan ini ya.

Bahan Dalam Skincare untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

1. Asam salisilat

Produk dengan asam salisilat berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat sekaligus mengurangi peradangan. Komedo juga bisa diatasi dengan zat ini. Selain itu, jerawat bernanah juga bisa cepat hilang. Jadi, jangan sampai nggak punya ya.

2. Benzoil peroksida

Bahan ini ditujukan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu akan dengan mudah menemukan kandungan ini dalam rangkaian skincare khusus wajah berjerawat.

3. Retinoid

Kandungan retinoid dalam skincare berguna untuk pengelupasan permukaan kulit sehingga dapat melenyapkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Retinoid juga bermanfaat untuk menghentikan peradangan dan perkembangan semua jenis jerawat.

4. Sulfur

Sulfur bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih. Dengan kata lain, produk ini dapat menyebabkan kulit kering karena mengandung belerang di dalamnya. Karena itu, penggunaannya harus sesuai petunjuk. O ya, bau belerang juga mungkin akan kamu kurang suka. Tapi, demi kulit mulus, tahan saja ya.

5. Asam alfa hidroksi

Produk dengan asam alfa hidroksi (AAH) dapat membantu meredakan jerawat. Caranya, dengan membuang sel kulit mati yang menutupi pori-pori. Asam alfa hidroksi juga akan merangsang pertumbuhan kulit baru dan mengecilkan pori-pori. Jadi nggak heran, kulit tampak lebih mulus.

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan

Produk perawatan wajah memang bisa membantumu meringankan masalah jerawat. Tapi, kamu juga harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan ini biar hasilnya maksimal.

1. Mencoba Banyak Produk

Beri waktu skincare yang kamu pakai bekerja selama 6 minggu biar tahu efektif atau nggak, kecuali jerawatmu makin parah. (Freepik)
Beri waktu skincare yang kamu pakai bekerja selama 6 minggu biar tahu efektif atau nggak, kecuali jerawatmu makin parah. (Freepik)

Hayo siapa yang hobi gonta-ganti produk skincare? Memiliki jerawat memang menyebalkan, tapi kamu nggak seharusnya langsung mengganti skincare terlalu cepat. Mau hasil bagus harus sabar. Lagipula, sebuah produk biasanya baru menunjukkan hasil setelah 6 sampai 8 minggu.Terlalu cepat mengganti produk justru bisa jadi memerburuk keadaan.

2. Memakai Sembarang Produk

Di pasaran, banyak produk yang nggak sesuai dengan kondisi kulit. Produk seperti ini justru dapat mengundang jerawat. Kalau kamu memakai produk kulit atau rambut, pastikan dilengkapi label nonkomedogenik. Artinya, produk tersebut nggak menyebabkan penyumbatan pori-pori.

3. Memakai Riasan Orang Lain

Di antara teman, mungkin berbagi alat rias menjadi hal yang lumrah. Tapi, jangan lakukan itu jika kulitmu berjerawat. Alat rias orang lain bisa saja mengandung bakteri yang dapat mengiritasi kulitmu dan memunculkan jerawat baru.

4. Tidur dengan Riasan Lengkap

Pastikan kamu menghilangkan riasan wajah sebelum tidur. Riasan yang tertinggal dapat menyumbat pori-pori dan mengundang jerawat.

5. Mengeringkan Kulit

Mungkin kamu salah seorang yang tergiur dengan produk yang dapat menghilangkan minyak. Nggak heran sih, umumnya jerawat muncul pada kulit berminyak.

Tapi, kamu perlu ingat bahwa kulit yang terlalu kering juga rentan teriritasi. Bukan nggak mungkin jerawat akan muncul lebih banyak dari sebelumnya.

Ingat ya, kamu perlu menghindari hal-hal di atas kalau mau skincare-mu bekerja dengan maksimal. Memakai skincare, nggak menjamin seseorang bisa bebas dari jerawat. Diperlukan juga perawatan rutin, sesuai aturan, dan konsisten.

Jadi, jangan salahkan skincare kalau kamu nggak bisa konsisten dan abai pada hal-hal kecil. (Seh/IB21/E03)