Pilih-pilih Minuman Terbaik untuk Batalkan Puasa, Air Dingin Atau Hangat ya?

Pilih-pilih Minuman Terbaik untuk Batalkan Puasa, Air Dingin Atau Hangat ya?
Mana yang paling baik untuk membatalkan puasa? Air hangat atau dingin? (Thinkstockphotos via Kompas)

Ada orang yang suka memilih air hangat untuk membatalkan puasa dan banyak pula yang memilih air dingin seperti aneka es. Tapi, berdasarkan pandangan medis, mana sih yang lebih baik untuk mengisi lambung kali pertama saat berbuka?

Inibaru.id – Kamu mungkin salah seorang yang menyiapkan minuman dingin untuk buka puasa nanti. Memang, mengisi perut yang kosong seharian dengan air dingin terasa menyegarkan. Nggak heran jika aneka es sangat laris di bulan Ramadan.

Meski begitu, ada juga lo orang yang memilih minum air hangat atau air biasa untuk membatalkan puasa. Hm, kira-kira, mana yang paling baik untuk mengisi perut kali pertama saat berbuka ya? Air hangat atau air dingin?

Air Hangat Pilihan Terbaik

Ternyata, air hangat merupakan pilihan terbaik untuk membatalkan puasa lo. Hal ini dikatakan Dokter Ahli Penyakit Dalam RS Premier Bintaro, Tengku Bahdar Johan. Menurutnya, air hangat sebaiknya dipilih untuk berbuka puasa ketimbang air dingin.

Jadi, air hangat bisa  membantu saluran cerna bekerja lebih baik dengan menjaga aliran di pembuluh darah tetap lancar. Minuman dingin memang menyegarkan tapi ternyata dapat menciutkan pembuluh darah. Jika pembuluh darah ciut, gerakan pada otot-otot di saluran pencernaan akan ikut terganggu.

"Minum es dapat menciutkan pembuluh darah, akibatnya gerakan peristaltik menjadi terganggu. Itu sebabnya ada orang yang habis minum es perutnya langsung terasa tidak enak karena pembuluh darahnya menciut," kata dr Bahdar.

Artikel lain menyebutkan bahwa minum air dingin atau es ketika perut kosong usai puasa bisa memicu kontraksi pada lambung. Kontraksi ini dikarenakan lambung baru saja menerima cairan dengan suhu yang jauh berbeda dari suhu tubuh. Meminum air dingin ketika perut kosong bukan nggak mungkin akan menimbulkan gangguan pencernaan, terutama pada mereka yang mengidap maag.

Air Dingin Bikin Gampang Sakit

Air dingin bisa memicu radang tenggorokan. (Shutterstock)
Air dingin bisa memicu radang tenggorokan. (Shutterstock)

Salah satu harapan setelah berpuasa adalah tubuh lebih sehat. Nah, tujuan ini nggak akan tercapai kalau kamu rutin minum air dingin untuk membatalkan puasa, Millens. Pasalnya, air dingin bisa membuat seseorang lebih mudah sakit.

Setelah minum dingin ketika buka puasa, produksi lendir jadi berlebih. Lendir ini bisa menurunkan fungsi sistem imun sehingga gampang sakit. Ketika sistem imun turun, virus dan bakteri gampang masuk. Sakit yang paling umum adalah radang atau ISPA.

Selain itu, minum air dingin juga bisa memicu sakit kepala ringan. Nggak mau kan malah sakit pas puasa? Karena itu, pilihlah air hangat atau biasa untuk membatalkan puasa. Kalau nggak suka dengan rasanya yang hambar, tinggal tambahkan sedikit gula atau madu untuk memulihkan energi.

Etapi, kamu masih boleh kok kalau pengin minum air dingin. Yang penting, minum setelah kamu makan besar dan minum air biasa ya. Gimana, mau coba menjadi lebih sehat dengan minum air hangat untuk membatalkan puasa, Millens? (Sol,Kom/IB21/E07)