Pilih-Pilih Mesin Cuci, 1 Tabung atau 2 Tabung?

Pilih-Pilih Mesin Cuci, 1 Tabung atau 2 Tabung?
Lebih baik mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci 2 tabung? (Flickr/Marco Verch)

Ada yang lebih suka mesin cuci 1 tabung, ada juga yang lebih suka dengan mesin cuci 2 tabung. Kira-kira, lebih baik memilih yang mana, ya?

Inibaru.id – Beda dengan zaman dulu di mana kita terbiasa mencuci baju dengan tangan, kini kebanyakan orang mencuci dengan mesin cuci. Kalaupun kamu ngekos dan nggak punya mesin cuci sendiri, bisa juga mendatangi jasa laundry. Intinya sih, ya bajumu sama-sama dicuci dengan mesin atau teknik-teknik yang modern.

Kalau kamu mau membeli mesin cuci, pasti bakal bingung kalau diberi pilihan. Maklum, ada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Mesin cuci ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Nah, biar nggak bingung dan bisa menentukan mesin cuci mana yang cocok untukmu,

Kelebihan dan Kekurang Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung. (Flickr/

jgmarcelino)
Mesin cuci 1 tabung. (Flickr/ jgmarcelino)

Banyak orang yang memilih mesin cuci 1 tabung karena proses pencucian baju bakal jadi lebih praktis. Bagaimana nggak, hanya dalam sekali proses, baju sudah dicuci, dibilas, dan dikeringkan secara sekaligus. Intinya sih, tinggal memencet tombol, kamu sudah bisa membiarkan mesin mencucikan bajumu hingga bersih.

Selain kamu bisa melakukan aktivitas lain tatkala mesin sedang mencuci baju, mesin cuci 1 tabung juga punya kelebihan lain, yakni kebutuhan air yang nggak begitu banyak. Selain itu, biasanya ukuran mesin cuci 1 tabung juga nggak terlalu besar sehingga nggak memakan tempat terlalu banyak.

Tapi, kalau dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung, harga mesin cuci ini jelas lebih mahal. Banyak orang dengan keuangan pas-pasan tentu berpikir dua kali untuk membelinya. Kalau sampai rusak, perbaikan dan spare part-nya juga bisa jadi lebih rumit.

Bagi mereka yang nggak terbiasa memakainya, banyaknya tombol dan pilihan mode pencucian bisa bikin bingung, Millens. Jadi, kamu harus sering-sering buka buku petunjuk deh.

Bagaimana dengan Mesin Cuci 2 Tabung?

Mesin cuci 2 tabung. (Priceprice.com)
Mesin cuci 2 tabung. (Priceprice.com)

Mesin cuci 2 tabung cenderung lebih manual jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung. Di mesin ini, nggak banyak tombol-tombol yang bikin bingung. Jadi, kamu nggak bakal bingung deh.

Kelebihan lain dari mesin cuci ini adalah daya listriknya yang nggak begitu banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung. Harganya juga cenderung lebih murah.

Namun, karena mesin cuci ini masih manual, kamu harus membilas bajunya sendiri usai proses penggilingan. Setelahnya, kamu harus memindahkannya ke tabung pengering. Proses pengeringan juga bisa kamu atur sendiri.

Nah, karena ada proses penggilingan dan pembilasan yang terpisah, otomatis kebutuhan airnya juga lebih banyak dari mesin cuci 1 tabung, Millens.

Kalau ditanya mana yang lebih baik, hal ini tentu kembali lagi pada kebutuhan. Ada yang memilih mesin cuci 1 tabung yang bisa menghemat waktu. Namun, ada yang lebih suka mesin cuci 2 tabung yang lebih irit listrik atau harganya lebih murah.

Kalau kamu sendiri, lebih suka memilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung, Millens? (Kee/IB09/E05)