Pilih Mana, Kulkas Satu Pintu atau Kulkas Dua Pintu?

Pilih Mana, Kulkas Satu Pintu atau Kulkas Dua Pintu?
Memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang yang bimbang saat memilih kulkas. Sebaiknya memilih kulkas satu pintu atau dua pintu ya? Yuk simak perbedaan dari kedua jenis kulkas tersebut.

Inibaru.id - Apakah kamu sedang berencana membeli kulkas baru, Millens? Biasanya, satu pertanyaan yang membuat banyak orang bingung sebelum membeli kulkas adalah memilih yang dua pintu atau yang satu pintu. Lantas, mana ya yang lebih baik di antara keduanya.

Mengingat kulkas berfungsi sebagai penyimpan makanan agar awet dan nggak mudah membusuk, kamu pun harus benar-benar cermat saat memilihnya. Berikut adalah perbedaan dari kulkas dua pintu dan kulkas satu pintu yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

Kelebihan Kulkas Dua Pintu

Kulkas dua pintu. (Flickr/

Daniel Taka)
Kulkas dua pintu. (Flickr/ Daniel Taka)

Jenis kulkas ini punya dua pintu utama yaitu pintu atas dan pintu bawah. Jenis kulkas ini bisa membantu memudahkan kita meletakkan barang. Kulkas dua pintu punya kelebihan antara lain kapasitas yang besar dan adanya fitur yang nggak ada di kulkas satu pintu.

1. Kapasitas Cooler Lebih Besar

Kapasitas cooler kulkas jenis ini lebih besar daripada jenis kulkas satu pintu. Dengan begitu, kamu bisa lebih banyak menyimpan makanan pada ukuran aslinya dan nggak perlu susah payah memotongnya kecil-kecil supaya muat.

2. Punya Fitur Frost Free

Pernahkan kamu menemukan freezer yang dipenuhi dengan bunga es? Nah, pada kulkas dua pintu ada fitur frost free yang punya sistem otomatis supaya freezer-nya terbebas dari penebalan bunga es. Dengan begitu kamu bisa lebih leluasa untuk menyimpan makanan di freezer.

3. Kapasitas Freezer Lebih Besar

Bukan hanya fitur frost free yang jadi kelebihan kulkas 2 pintu, kapasitas freezer yang lebih besar dimiliki jenis kulkas yang satu ini. Kapasitasnya yang besar dan adanya fitur yang otomatis mencegah adanya penebalan bunga es di freezer bisa membuatmu leluasa untuk menyimpan makanan di sini.

Sayangnya, kulkas dua pintu juga punya beberapa kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan. Kecanggihan teknologi yang ada di kulkas dua pintu dibanding kulkas satu pintu membuat harganya jadi lebih mahal.

Selain itu, listrik yang dikonsumsi pun lebih boros untuk kulkas 2 pintu. Kalau rusak, biaya perbaikan kulkas 2 pintu juga lebih mahal nih Millens. Ini dikarenakan kulkas 2 pintu punya alat kelistrikan yang lebih banyak dibanding kulkas 1 pintu.

Kelebihan Kulkas Satu Pintu

Kulkas satu pintu. (Flickr/

James Jones)
Kulkas satu pintu. (Flickr/ James Jones)

Ketika memilih untuk beli kulkas 1 pintu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, ya Millens.

1. Harga lebih terjangkau

Kalau kamu mau beli kulkas tapi hanya punya uang yang pas-pasan, jenis kulkas ini bisa jadi pilihan. Kulkas jenis 1 pintu ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp 1 juta. Lebih terjangkau daripada kulkas jenis dua pintu.

2. Lebih hemat listrik

Kelebihan lain yang dimiliki jenis kulkas 1 pintu adalah lebih hemat ketika mengonsumsi daya listrik. Kompresor yang dipakai kulkas jenis ini nggak begitu besar. Kulkas ini cuma memakan listrik sekitar 150 sampai 350 watt.

3. Biaya perbaikan lebih murah

Dibandingkan dengan kulkas 2 pintu, kulkas 1 pintu punya biaya perbaikan yang lebih murah. Ini karena alat kelistrikan yang ada di dalamnyalebih sedikit dibanding kulkas 2 pintu. Maka dari itu, biaya perbaikannya jadi bisa lebih murah.

Meskipun begitu, kulkas 1 pintu juga punya kekurangan tersendiri. Misalnya saja, kapasitas kulkas 1 pintu lebih sedikit dibanding kulkas 2 pintu. Ini membuat kamu jadi sulit menyimpan stok makanan yang banyak.

Selain itu, kamu akan kerepotan untuk merawatnya karena harus rajin membersihkan gumpalan bunga es secara rutin. Ini karena jenis kulkas ini nggak punya fitur frost free. Adapun kemungkinan rusak di jenis kulkas ini biasanya pada instalasi freon yang mampet, bocor, atau pun thermostat yang macet.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum beli kulkas baru ya Millens. Mau milih kulkas yang berapa pintu, nih? (Sel/MG30/E07).