Peserta Piala Dunia 2022 Batal Bertambah

FIFA sempat mengajukan rencana menjadikan Piala Dunia 2022 diikuti 48 negara. Namun, akhirnya mereka memutuskan untuk mengikuti format lama, yakni 32 negara. Begini alasannya.

Peserta Piala Dunia 2022 Batal Bertambah
Piala Dunia Qatar 2022. (Twitter/OkayGhana)

Inibaru.id – Sempat diisukan bakal melakukan penambahan jumlah peserta, Piala Dunia 2022 Qatar diputuskan tetap menggunakan format lama, yakni 32 negara. Hal ini diungkap langsung Badan Sepak Bola dunia FIFA.

FIFA memang sempat berencana menambah jumlah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 di Piala Dunia 2022. Hanya saja, setelah memperhatikan berbagai pertimbangan, hal ini urung dilakukan.

“Setelah berkonsultasi dengan komprehensif, kami memutuskan bahwa perubahan ini nggak bisa dilakukan dengan segera,” tulis keterangan resmi FIFA.

Rencana penambahan peserta Piala Dunia memang sempat menjadi perdebatan banyak pihak, apalagi dengan fakta bahwa Piala Dunia 2022 akan sangat berbeda dari Piala Dunia pada umumnya. Di Qatar nanti, Piala Dunia akan diadakan di akhir tahun, bukannya di musim panas atau pertengahan tahun seperti sebelum-sebelumnya. Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) bahkan sampai mengritik keras Presiden FIFA Gianni Infantino, terkait rencana ini.

“Penambahan jumlah peserta justru akan memicu masalah baru. Ide ini juga sedikit nggak masuk akal,” ucap Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

FIFA sebenarnya sudah memutuskan untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara pada Piala Dunia 2026 yang diadakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Hanya saja, Infantino ingin memajukan rencana ini pada Piala Dunia 2022.

“Sepak bola kan nggak hanya pertandingan antara negara Eropa dan Amerika Selatan, melainkan negara di seluruh dunia,” terang Infantino mengenai alasan idenya ini.

Format baru Piala Dunia ini akan membuat jumlah grup menjadi berbeda, yakni 16 grup dengan masing-masing grup diisi 3 negara. Hal ini bisa membantu menentukan jumlah negara yang lolos ke fase gugur yang berisi 32 negara. Sebelum ini, Piala Dunia berisi 8 grup dengan masing-masing grup diisi 4 negara. Dua negara dengan poin terbanyak lolos ke fase gugur.

Millens setuju nggak sih kalau jumlah peserta Piala Dunia ditambah? (IB09/E04)