Dikalahkan Thailand, Indonesia Jadi Runner Up Grup A Piala AFF U-19

Dikalahkan Thailand, Indonesia Jadi Runner Up Grup A Piala AFF U-19
Saddil Ramdani sempat menciptakan beberapa peluang untuk membobol gawang Thailand. (Antaranews.com)

Timnas U-19 Thailand berhasil menaklukan Timnas Indonesia dengan skor 2-1. Hasil ini membuat Indonesia harus puas berada di posisi kedua Grup A Piala AFF U-19.

Inibaru.id – Pertandingan tim nasional U-19 Indonesia vs Thailand yang digelar pada Senin (9/7/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur berakhir dengan skor 1-2 dengan kemenangan Thailand. Bermain menyerang, Indonesia justru tertinggal setelah Matee Sarakum membobol gawang Indonesia dari jarak 25 meter.

Sebelum gol terjadi, Thailand sempat beberapa kali menciptakan peluang yang membahayakan gawang Indonesia. Kendati demikian, gol-gol lawan masih sanggup ditepis kiper Aqil Saviq. Lima menit menjelang berakhirnya babak pertama, Thailand berhasil memecah kebuntuan. Aqil nggak mampu menahan tendangan Matee yang mengarah ke sudut kiri atas gawang seperti dilansir dari Tirto.id, Senin (9/7).

Sebelum tim tamu kembali mencetak skor pada babak kedua menit ke-50, Indonesia sebenarnya sempat memiliki beberapa peluang. Sayang, peluang yang diciptakan Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani tersebut nggak mengarah ke sasaran. Pada menit ke-57 Saddil mencoba mengejar keunggulan tim lawan, tapi tendangannya justru mendarat di atas gawang.

Tujuh menit jelang berakhirnya pertandingan, Indonesia bisa memperkecil ketertinggalan melalui sepakan Rifad Marabessy. Setelah itu, para pemain Indonesia, yakni Todd Rivaldo Ferre, Witan Sulaeman, dan Saddli Ramdani berusaha menggempur pertahanan lawan dari kotak penalti. Namun, skor nggak berubah hingga laga usai.

Hasil pertandingan ini membuat Thailand berhasil menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan 13 poin. Sementara itu, Indonesia harus turun ke peringkat kedua di grup yang sama dengan 12 poin. Pada hari yang sama, dalam pertandingan lain yang digelar di Stadion Joko Samudra, Gresik, Jawa Timur, Laos sukses menaklukan Filipina dengan skor telak 7-2.

Kendati kalah, Indonesia tetap melaju ke babak semifinal yang bakal digelar pada Kamis (22/7) malam. Pada semifinal nanti, Indonesia bakal berhadapan dengan juara grup B yang bakal diketahui setelah laga pamungkas grup B pada Selasa (10/7). Hm, kira-kira siapa ya yang bakal jadi lawan Indonesia di semifinal? (IB15/E04)