Pewangi Mobil Ini Paling Mudah Bikin Mabuk, Kamu Juga Pakai?

Pewangi Mobil Ini Paling Mudah Bikin Mabuk, Kamu Juga Pakai?
Pewangi mobil nggak tepat bisa bikin mabuk kendaraan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biar nggak apek, banyak orang memasang pewangi mobil. Hanya, kalau kamu memilih parfum mobil dengan aroma tertentu, justru bikin enek dan akhirnya banyak orang mabuk kendaraan, lo.

Inibaru.id – Aroma interior mobil memang nggak begitu enak, apalagi jika nggak rajin dibersihkan dan sering berada dalam kondisi tertutup. Nah, banyak orang yang mengantisipasi hal ini dengan menggunakan pewangi mobil. Logikanya, pewangi mobil ini bisa menyamarkan atau bahkan menghilangkan aroma nggak sedap di dalam kendaraan, bukan?

Masalahnya, meski pewangi mobil memiliki aroma yang sebenarnya enak, bisa jadi pewangi ini bisa memberikan efek buruk berupa mudah membuat penumpang di dalamnya mabuk kendaraan. Jika sampai hal ini terjadi, tentu malah bikin nggak nyaman.

Nah, sebelum jauh membahas tentang aroma pewangi mobil, sebaiknya kita membahas dulu tentang mabuk kendaraan, Millens. Meski secara umum nggak berbahaya bagi kesehatan, mabuk kendaraan bisa membuat badan lemas dan nggak karuan. Kamu bisa saja muntah-muntah, mengalami nyeri pada perut, hingga membuat keringat dingin bercucuran.

Mabuk kendaraan bisa kamu alami saat naik mobil, bus, kereta, atau transportasi lain baik itu udara atau air. Nggak hanya anak-anak, wanita hamil, atau orang tua, generasi muda atau orang dewasa juga bisa mengalaminya, apalagi jika kondisi badannya sedang nggak fit. Hal lain yang bisa membuatmu mengalami mabuk kendaraan adalah kondisi kendaraan yang nggak terawat atau cara mengemudi sopir yang nggak nyaman.

Nah, salah satu hal yang terkait dengan perawatan kondisi mobil adalah penempatan pewangi ruangan. Hal ini memang cukup tricky ya, Millens. Kalau nggak diberi pewangi mobil, aroma mobil pengap dan bisa bikin nggak nyaman, tapi kalau salah memilih pewangi mobil, bisa jadi aromanya bisa bikin mabuk banyak orang.

Selain pewangi mobil, kamu juga harus memperhatikan perawatan mobil seperti AC. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selain pewangi mobil, kamu juga harus memperhatikan perawatan mobil seperti AC. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nah, kalau kamu pengin tahu pewangi mobil yang bisa bikin mabuk, ternyata banyak orang yang nggak tahan dengan aroma parfum jeruk. Selain itu, aroma-aroma yang kuat layaknya durian juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Kalau sampai AC kurang sejuk atau bersih akibat filter kabin nggak terawat, dampaknya juga bisa sama. Karena alasan inilah kita harus rajin-rajin melakukan servis mobil secara keseluruhan, termasuk di bagian AC dan filter kabin.

Omong-omong, ada lo aroma pewangi mobil yang justru bisa menghilangkan rasa pusing. Kamu bisa memakainya di kendaraan sehingga bisa mencegah banyak orang mengalami mabuk kendaraan.

Berikut adalah aroma-aroma pewangi mobil yang direkomendasikan tersebut.

·         Pilihlah pewangi mobil dengan aroma kopi. Aroma ini bisa membuat pikiran dan saraf tenang sehingga penumpang nggak bakal mabuk. Nggak hanya pewangi dengan aroma ini, sejumlah orang bahkan sengaja membawa serbuk kopi untuk ditempatkan di dalam mobil.

·         Kombinasi aroma lemon dan teh juga bisa membantu menghilangkan rasa mual dan pusing.

·         Pewangi mobil dengan kombinasi aroma kayu manis dan peppermint juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Jadi, sudah tahu kan pewangi mobil apa yang sebaiknya nggak kamu beli agar nggak bikin banyak orang mabuk, Millens? (Lip, Det/IB09/E05)