Saat Petugas Badan Air Berpose di atas Kasur Buangan

Sedang sibuk membersihkan sampah yang tersangkut di kubus apung, petugas Badan Air terkejut dengan kehadiran kasur ini. Salah seorang petugas pun lantas berpose di atas kasur tersebut.

Saat Petugas Badan Air Berpose di atas Kasur Buangan
Petugas Badan Air tidur di atas kasur yang dibuang ke sungai. (Detik.com/ Dok. UPK Badan Air Jakarta)

Inibaru.id – Kendati sudah diingatkan berkali-kali, sejumlah warga Jakarta tetap membuang sampah ke sungai. Petugas UPK Badan Air bahkan menemukan kasur yang dibuang ke Kali Semongol, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Detik.com, Kamis (5/4/2018), menulis, salah satu petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta M Sandi Wibowo menemukan kasur di Kali Semongol, tepatnya di dekat Jalan Benda Raya. Kasur itu ditemukan Sandi dan beberapa petugas lainnya pada Rabu pagi (4/4) sekitar pukul 07.15 WIB saat mereka membersihkan sampah yang tersangkut di kubus apung. Kedatangan kasur merah berukuran besar yang mengambang itu sontak mengagetkan mereka. Kasur ini diduga baru saja dibuang karena belum sepenuhnya basah.

“Kalau dilihat dari kejadian, kasur ini sepertinya baru dibuang pagi itu. Kami lihat dari kejauhan kasur datang dan belum tersangkut di kubus apung. Kasurnya juga belum basah semua,” ucap Sandi.

Seorang petugas UPK Badan Air berpose di atas kasur. (Detik.com)

Salah satu rekan Sandi kemudian tiduran di atas kasur yang mengapung tersebut. Pria yang mengenakan rompi oranye dan memakai topi serta sepatu bot ini berpose seakan-akan sedang menggunakan kasur udara yang bisa mengambang di kolam renang. Salah satu tangannya menopang kepala dan tangan lainnya diangkat ke atas. Rekan-rekan petugas pun langsung mengambil gambarnya.

“Iya, itu yang tiduran teman saya, namanya Dedi,” lanjut Sandi.

Seorang petugas UPK Badan Air berpose di kasur yang dibuang di sungai. (Detik.com)

Saat ini, kasur itu sudah diangkut ke tempat pembuangan sampah sementara yang berlokasi di Kembangan, Jakarta Barat. Rencana selanjutnya, kasur ini bakal diantar ke tempat pembuangan akhir yang ada di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Selain kasur, petugas Badan Air juga pernah menemukan gerobak, bangku sofa, pagar, dan tabung TV. Hal ini membuktikan, warga belum sepenuhnya sadar akan pentingnya menjaga sungai. Sampah-sampah yang menumpuk dapat menyumbat aliran air dan akhirnya bisa mengakibatkan banjir bila air sungai meningkat.

Hm, itu tindakan yang nggak patut ditiru ya, Millens. Sebagai generasi muda, kamu harus membuat perubahan nih. Yuk, jangan buang sampah sembarangan! (AW/IF)