Pesan Menteri PUPR di Hari Air Sedunia

Pesan Menteri PUPR di Hari Air Sedunia
Air bersih sudah semakin berkurang di sejumlah daerah. (Antara Foto/ Asep Fathulrahman)

Di Hari Air Sedunia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo meminta anak muda untuk menjaga lingkungan, termasuk kelestarian air demi memastikan setiap orang mendapatkan akses air bersih.

Inibaru.id – Setiap 22 Maret, masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Air. Peringatan ini bertujuan supaya orang-rang lebih peduli lagi dengan air yang merupakan salah satu unsur wajib bagi kehidupan. Tanpa air, mungkin saja tidak akan ada kehidupan.

Dalam rangka peringatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada anak muda untuk selalu menjaga lingkungan. Tentu yang paling ditekankan adalah menghemat air bersih. Basuki ingin semua orang mendapatkan akses air bersih.

Bisnis.com, Selasa (19/3/2019) menulis, Basuki menganggap air sebagai kebutuhan utama manusia sehingga harus dijaga kelestariannya.

“Saya titip untuk saudara-saudara sekalian. Kan sekarang sedang ngetren kampanye door to door. Saya titip kampanye door to door-nya soal air. Kalau tidak dirawat kelestariannya, bisa jadi musuh, tapi kalau air dirawat bisa menjadi kawan,” ungkapnya dalam sambutan Hari Air Sedunia di Kementerian PUPR pada Selasa (19/3).

Basuki memberikan contoh tentang dampak perilaku manusia yang nggak mampu menjaga kelestarian air seperti yang terjadi di Sentani. Banjir bandang yang menerjang wilayah di Provinsi Papua ini juga dipengaruhi kurang bijaknya manusia dalam memperlakukan alam.

“Di Hari Air Sedunia ini, kita harus menyebarkan virus kebaikan, termasuk dalam hal menjaga lingkungan kita. Kalau kita mampu melakukannya di lingkungan kita, maka orang lain akan ikut tergugah menjaganya sehingga ke depannya lingkungan kita menjadi lebih baik,” lanjut Basuki.

Sebagai informasi, Hari Air Sedunia ini diawali dengan adanya keputusan Sidang Umum PBB ke-47 yang diadakan di Rio de Janeiro, Brasil, pada 22 Desember 1992 silam. Saat itu, tujuan peringatan ini adalah untuk menarik perhatian publik tentang pentingnya penyediaan air bersih dan menyadarkan manusia untuk semakin baik menjaga lingkungan dan mengelola sumber air bersih yang berkelanjutan.

Yuk, kita mulai menjaga kebersihan lingkungan dan sumber air seperti dengan membersihkan sungai dan nggak lagi membuang sampah sembarangan Millens. (IB09/E04)