Persyaratan Nyeleneh Ini Ternyata Ada dalam Pendaftaran CPNS 2017

Bukan istri kedua atau tidak boleh punya anak lebih dari dua kalau ingin mendaftar sebagai CPNS 2017. Apa lagi lainnya?

Persyaratan Nyeleneh Ini Ternyata Ada dalam Pendaftaran CPNS 2017
Ilustrasi pendaftaran CPNS 2017. (Foto: acehbisnis.co)

Inibaru.id - Antusiasme masyarakat dalam mengikuti proses pendaftaran CPNS 2017 sangatlah tinggi. Dari 17.928 formasi yang dibuka oleh 60 kementerian dan lembaga serta 1 pemerintah provinsi, jumlah pendaftar yang tercatat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga 15 September 2017 sudah mencapai 373.178 orang.

Terdapat banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pendaftar, termasuk yang “nyeleneh” seperti sebagai berikut.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2017 Gelombang II Segera Dibuka, Perhatikan 8 Poin Ini!

Baca juga: Buka Pendaftaran PNS Gelombang 2, Tagar CPNS Jadi Trending Topic Indonesia

Bukan Istri Kedua

Anda sedang tidak membaca sebuah lelucon. Dalam persyaratan yang dikeluarkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK), disebutkan bahwa pelamar wanita yang sudah menikah tidak berstatus istri kedua atau seterusnya.

Belum jelas mengapa persyaratan ini dikeluarkan oleh lembaga yang membuka 53 formasi CPNS ini.

Maksimal Memiliki Dua Anak

Lowongan CPNS di Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mensyaratkan pendaftar yang sudah menikah maksimal hanya memiliki dua anak. Hal ini dianggap sesuai dengan program KB yang memang sudah digalakkan BKKBN sejak lama.

Memiliki Berat Badan Ideal

Jika kebanyakan kementerian dan lembaga hanya mensyaratkan tinggi minimal, maka pendaftar CPNS Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mensyaratkan berat badan ideal. Acuan untuk menentukan berat badan ideal ini adalah dengan body mass index (BMI) para pendaftar.

Tidak Merokok dan Mahir Berenang

Terdapat 22 syarat umum yang harus dipenuhi oleh pendaftar CPNS Kementerian Kesehatan. Salah satunya adalah bukan perokok. Hal ini tentu sesuai dengan kampanye hidup sehat oleh Kemenkes. Selain itu, terdapat lowongan CPNS yang nantinya ditempatkan di kantor kesehatan pelabuhan yang mengutamakan pelamar laki-laki yang nantinya harus selalu siap 24 jam dan mahir berenang.

Pawang Anjing

Cukup banyak lowongan CPNS yang mensyaratkan keahlian khusus. Salah satunya dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang membuka formasi pelatih dan pawang anjing pelacak khusus narkotika. Mengingat anjing pelacak memiliki peran besar dalam proses penyelidikan atau bahkan penggerebekan kasus narkoba, BNN pun mensyaratkan pelamar yang memang sudah memiliki pengalaman dan bersertifikat sebagai pawang anjing.

Anda memenuhi syarat-syarat itu? (AW/SA)