Menjelang Lebaran, Bandara Adisutjipto Menambah Jumlah Penerbangan

Pihak Bandara Adisutjipto telah memperluas ruang tunggu dan menambah 38 penerbangan untuk menghadapi Lebaran 2018. Penambahan tersebut dilakukan untuk mengatasi lonjakan penumpang pada Lebaran nanti.

Menjelang Lebaran, Bandara Adisutjipto Menambah Jumlah Penerbangan
Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (Merahputih.com)

Inibaru.id – PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta akan menambah jumlah penerbangan untuk menghadapi Lebaran 2018. Dari 50 permohonan extra flight yang diajukan sejumlah maskapai, baru 38 permohonan yang disetujui. Dengan adanya penambahan itu, diharapkan calon penumpang dapat terlayani dengan baik.

Adanya peningkatan jumlah penerbangan ini berarti Bandara Adisutjipto akan meningkatkan pergerakan pesawat dari yang semula 180 pergerakan per hari menjadi 218 pergerakan selama Lebaran 2018.

“Tujuh maskapai sudah siap menambah penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto mulai 1 hingga 30 Juni 2018, yakni Citilink, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Epress Air, dan Air Asia. Tujuan dari pesawat-pesawat ini adalah ke Jakarta, Makassar, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Lampung,” terang General manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Antaranews.com, Kamis (7/6/2018) menyebut saat Lebaran nanti diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada arus mudik yakni sebanyak 28 ribu penumpang per hari, atau meningkat 11,6 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 25 ribu penumpang.

Sementara itu, saat arus balik yang diprediksi terjadi pada H+4 Lebaran juga akan meningkat. Peningkatan penumpang diprediksi mencapai 30 ribu orang per hari, naik 6,3 persen dari tahun 2017 yang hanya 28 ribu penumpang.

Pada Lebaran nanti, bandara yang terletak di sebelah timur Yogyakarta itu juga bakal dilengkapi Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2018 (1439 H) yang akan beroperasi mulai 7 Juni hingga 24 Juni 2018. Posko ini digelar untuk menyambut liburan panjang dan Idul Fitri yang akan segera tiba.

“Posko Angkutan Udara Lebaran 2018 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogakarta akan melibatkan 601 personel. Sebanyak 535 personel berasal dari PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adisutjipto dan 66 lainnya dari tim personel gabungan,” jelas Agus.

Bandara Adisutjipto juga sudah menambah bagian ruang tunggu Terminal A dengan memperluas ruangan sebesar 220 m2 sekaligus menambah 250 bangku tunggu tambahan, lengkap dengan 1 boarding gate, toilet, dan musala.

Wah, mudik lewat Bandara Adisutjipto sepertinya bakal lebih nyaman nih, Millens. Selamat mudik. (IB09/E04)