Pernyataan Hamil Akibat Berenang Viral, Komisioner KPAI Minta Maaf

Pernyataan Hamil Akibat Berenang Viral, Komisioner KPAI Minta Maaf
Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty. (jurnalislam.com)

Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty sebelumnya menyebut perempuan yang berenang di satu kolam yang sama dengan laki-laki bisa saja hamil. Pernyataan ini tentu memicu kontroversi sehingga membuatnya akhirnya meminta maaf.

Inibaru.id – Belakangan ini nama Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty menjadi perbincangan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh pernyataannya yang menyebut bahwa perempuan yang berenang di satu kolam yang sama dengan laki-laki bisa saja hamil.

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya apa? misalnya ada sebuah mediasi seperti kolam renang ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat. Walaupun tidak terjadi penetrasi tapi ada ada orang terangsang ada mengeluarkan sperma kan kita nggak ngerti di kolam renang. Nah itu bisa terjadi kehamilan walaupun tidak terjadi penetrasi," ucap Sitty dalam video yang beredar.

Pernyataan Sitti yang kontroversial ini dilontarkan pada Jumat (21/2). Potongan berita di berbagai media yang mengutip pernyataan ini pun viral dan menjadi trending topic di Twitter Indonesia selama dua hari, yakni pada Sabtu (22/2) serta Minggu (23/2).

Pernyataan Sitti semakin menjadi pembahasan warganet akibat klaimnya yang menyebut hal ini didasari oleh jurnal dari ilmuwan luar negeri.

Sitti Hikmawatty. (hipwee)
Sitti Hikmawatty. (hipwee)

Banyak praktisi kesehatan yang kemudian menyanggah pernyataan Sitti. Ada pula yang secara terang-terangan kecewa dengan pernyataannya. Bahkan tagar #PecatSittiHikmawatty sempat bertengger di trending topic Twitter. Hal ini membuat Sitti kemudian menyampaikan permintaan maaf.

“Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat,” ucap Sitti sebagaimana dikutip dari Kumparan pada Minggu (23/2).

Selain meminta maaf, Sitti juga menyebut pernyataan tersebut sebagai pendapat pribadi, bukannya pendapat dari KPAI. Dia juga mencabut pernyataan tersebut dan meminta semua pihak untuk nggak lagi membuatnya viral.

Klarifikasi KPAI

Selain Sitti, KPAI sebagai lembaga tempat Sitti bekerja ternyata juga mengeluarkan klarifikasi. Ketua KPAI, Susanto juga menyebut pernyataan ini bukanlah sikap resmi lembaga yang dipimpinnya.

KPAI. (indopolitika)
KPAI. (indopolitika)

“Perlu kami sampaikan bahwa pemahaman dan sikap KPAI tidak sebagaimana narasi berita di media online tersebut. Semoga klarifikasi ini dapat meluruskan kesalahpahaman berita sebagaimana yang beredar,” ucap Susanto pada Sabtu (22/2).

Lain kali, pejabat publik harus lebih berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan ya, Millens(IDT/IB09/E06)

Tags :