Pernah Kepikiran Nggak, Bagaimana Tanaman Berkomunikasi?

Pernah Kepikiran Nggak, Bagaimana Tanaman Berkomunikasi?
Ilustrasi: Dandelion menerbangkan bunganya untuk menebar benih di tempat yang jauh. (Pixabay/Michael Schwarzenberger)

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tanaman punya cara tersendiri dalam berkomunikasi. Nggak hanya itu, mereka juga punya dialek tertentu serta terbiasa berbagi makanan. Bagaimana caranya?

Inibaru.id - James Wong, ahli botani dan juga pembawa acara BBC menemukan bahwa tanaman bukan hanya makhluk pasif yang berakar di suatu tempat, namun juga dapat melakukan berbagai hal. Menurut penelitian yang dilakukan pelbagai ilmuan dunia, konon tanaman dapat merasakan apa yang terjadi di sekitarnya.

Bahkan, kini ada bukti bahwa tanaman dapat berkomunikasi, mempelajari hal baru, mengambil keputusan, bahkan mengingat informasi. Hm, lalu bagaimana cara mereka berkomunikasi?

Berkomunikasi Lewat Bau

Tumbuhan akan mengeluarkan bau jika terjadi ancaman. (Pixabay)
Tumbuhan akan mengeluarkan bau jika terjadi ancaman. (Pixabay)

Tanaman berkomunikasi lewat produksi bau yang dinamakan senyawa organik volatile. Bau ini diterima oleh tanaman lain yang kemudian bereaksi mengubah pertahanan untuk perlindungan diri agar mereka nggak dimakan serangga.

Saat selembar daun dimakan serangga, tanaman tersebut akan mengeluarkan bau peringatan. Bau tersebut kemudian ditangkap tumbuhan lain yang kemudian bereaksi mengeluarkan senyawa lain yang mengundang pemangsa untuk memakan serangga tersebut.

Dialek Kedaerahan

Semak sagebush. (Gettyimages)
Semak sagebush. (Gettyimages)

Suatu penelitian dilakukan terhadap semak sagebrush (semak wangi kayu) yang kemudian diketahui memiliki dialek kedaerahan. Profesor Rick Karban dari University of California menemukan informasi bahwa semak sagebrush aktif berkomunikasi dengan tanaman di sekitarnya.

Komunikasi dengan "tetangganya" itu lebih aktif dibandingkan dengan tanaman yang berjarak 200 kilometer dari tempat tumbuhnya. Ini terjadi karena tamanan yang jauh menggunakan dialek yang berbeda untuk berkomunikasi.

Pesan Berantai

Pesan berantai seperti permainan bisikan Cina. (Grid ID)
Pesan berantai seperti permainan bisikan Cina. (Grid ID)

Ilmuwan menemukan bahwa tanaman yang berbagi akar dapat menyampaikan pesan dari akar pertama tanaman sampai ke tanaman terakhir dalam barisan. Prof Novoplansky bereksperimen dengan memaparkan akar pertama pada kekeringan, tapi menyirami tanaman lainnya.

Hasilnya, ilmuan menemukan tanaman menyampaikan pesan kekeringan secara berantai. Hal ini terlihat dari tamanan terakhir yang menutup pori-pori daun untuk mengurangi kekurangan air.

Memberi Makan Kerabat

Tanaman berbagi makanan lewat jaringan akar. (Gettyimages)
Tanaman berbagi makanan lewat jaringan akar. (Gettyimages)

Nggak hanya manusia, pohon ternyata juga bisa berbagi nutrien. Namun, hal ini hanya dilakukan oleh satu pohon kepada pohon lain yang mempunyai hubungan kekerabatan.

Di hutan, pohon-pohon saling berhubugan lewat jaringan jamur bawah tanah bernama mycorrhiza yang menjaga mereka tetap terhubung. Jarigan yang juga disebut wood wide web ini juga menyampaikan informasi di samping nutrien lo!

Jadi nggak hanya manusia, tumbuhan juga punya caranya tersendiri untuk berkomunikasi. Kalau kamu pikir mereka cuma hidup untuk tumbuh dan berkembang, kayaknya kamu salah besar, Millens! Ha-ha. (BBC/IB27/E03)