Perlukah Cukur Habis Kumis dan Jenggot Sebelum Memakai Masker?

Perlukah Cukur Habis Kumis dan Jenggot Sebelum Memakai Masker?
Kapan terakhir kali kamu mencukur jenggotmu, Millens? (Pixabay/ Jacqueline Macou)

Salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas. Namun, bagaimana dengan mereka yang berkumis dan berjenggot lebat? Perlukah bercukur agar masker bisa menutup muka dengan aman?

Inibaru.id - Bagi sejumlah orang yang nggak memiliki jenggot dan kumis lebat, menggunakan masker tentu akan nyaman untuk dilakukan. Hanya, bagi pria yang berjenggot atau berkumis tebal, tentu ada sensasi kurang nyaman atau bahkan khawatir saat memakai masker. Apakah jenggot dan kumis berpotensi menjadi tempat hinggapnya virus sehingga sebaiknya dicukur hingga bersih?

Kamu nggak perlu mencukur bersih kumis dan jenggotmu selama masih bisa tertutup dengan rapi oleh masker. Tapi kalau kumis dan jenggotmu sudah terlalu panjang dan lebat, sebaiknya segera mencukurnya. Apalagi jika kamu bertugas sebagai tenaga kesehatan.

Sebagai garda terdepan penanganan kasus Covid-19, tenaga kesehatan diwajibkan menggunakan masker N95. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), masker N95 nggak akan bisa tertutup sempurna apabila kumis dan jenggot terlalu panjang dan lebat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Health and Safety Executive Inggris. Menurut organisasi ini, kumis dan jenggot yang panjang dan lebat bisa memunculkan celah di antara kulit dan masker. Celah-celah inilah yang dapat menjadi pintu bagi masuknya udara yang nggak tersaring ke dalam paru-paru. Oleh karena itu, para pengguna masker N95 yaitu para tenaga kesehatan dianjurkan untuk memiliki wajah yang bersih dari kumis dan jenggot.

Kamu juga bisa merapikannya sendiri di rumah kok. (Unsplash/ Arthur Humeau)
Kamu juga bisa merapikannya sendiri di rumah kok. (Unsplash/ Arthur Humeau)

Kalau kamu memakai masker kain atau masker bedah untuk melakukan aktivitas sehari-hari di luar rumah, nggak perlu mencukur habis kumis atau jenggot. Meski begitu, merapikannya atau membersihkannya tentu akan jauh lebih baik. 

"Menjaga kebersihan bisa membantu mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan. Kita bisa menjaga kesehatan wajah dengan membersihkan kumis atau jenggot," kata ahli dermatologi Dr. Monee Thomas.

Memang, kumis dan jenggot nggak akan membuat virus corona terjebak di dalamnya. Namun, menjaga kebersihan kumis dan jenggot adalah hal yang baik. Jika kumis dan jenggot sudah terlalu panjang dan terasa mengganggu, ada baiknya dibersihkan saja agar nyaman dan aman saat memakai masker.

Jadi meskipun kamu nggak berkewajiban memakai masker N95, tetap wajib menjaga kebersihan kumis dan jenggot kamu ya, Millens. (Rep/MG27/E07)