Perjalanan Karier Omas, Komedian Betawi yang Gaya Lawaknya Ceplas-Ceplos

Perjalanan Karier Omas, Komedian Betawi yang Gaya Lawaknya Ceplas-Ceplos
Omaswati meninggal pada Kamis (16/7/2020). (Kompas)

Kabar duka menyambangi panggung hiburan tanah air. Salah satu pelawak senior Omaswati dikabarkan meninggal pada Kamis (16/7/2020). Bagaimanakah riwayat kariernya?

Inibaru.id - Panggung hiburan kembali disambangi kabar duka. Kali ini komedian Omaswati (54) dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020). Kabar tersebut dibenarkan oleh manajer Mandra, Nani.

Meski begitu, belum diketahui secara pasti apa penyebab meninggalnya Omas. Nani hanya menyampaikan kalau Omas memang sudah lama dirawat di rumah sakit.

Omas merupakan salah seorang komedian senior di panggung hiburan Indonesia. Perempuan kelahiran Jakarta 3 Mei 1966 ini selama ini dikenal sebagai seniman Betawi. Awal kariernya bermula dari kesenian tradisional Lenong Betawi.

Selain aktif di Lenong, Omas juga pernah menghiasi layar kaca sebagai pemeran pendukung dalam beberapa sinetron. Omas juga acap ditemui di acara lawak. Lawakan Omas selalu khas dengan gaya ceplas-ceplos. Hal itulah yang membuat Omas terkenal.

Nggak hanya aktif di dunia seni, adik dari Mandra ini ternyata juga menggemari sepakbola. Dia memang lebih suka memainkan bola daripada duduk lama menonton orang-orang memainkan bola. Bahkan Omas mengaku pernah memperkuat sebuah tim sepakbola bernama “Buana Putri”

 "Sampai sekarang saya tetap (bermain) menjadi penyerang," jelas Omas pada 2002 silam.

Omas telah berkali-kali tampil di sinetron dan acara komedi. (Sulawesion)
Omas telah berkali-kali tampil di sinetron dan acara komedi. (Sulawesion)

Hanya, belakangan ini Omas memang lebih jarang nongol di layar kaca. Usianya yang nggak lagi muda membuatnya memilih untuk menolak sinetron, khususnya yang stripping atau kejar tayang. Dia mengaku nggak memiliki daya tahan seprima saat muda dahulu.

 "Kalau sekarang kan sudah nggak muda lagi. Kalau masih jadi anak muda mah bodo amat," ujar Omas pada (18/9/2018)

Selain alasan usia, Omas juga menuturkan kalau di usianya yang semakin tua, semakin disibukkan dengan keluarga. Kendati demikian, dia nggak berhenti dari dunia hiburan.

“Ini dunia saya. Cuma, sekarang pilih-pilih aja (jika ambil kerjaan sinetron stripping)," kata Omaswati Beberapa sinetron yang sempat ia bintangi adalah Cinta Fitri, Akibat Pernikahan Dini, Yang Muda Yang Bercinta, serta Upik Abu dan Laura.

Turut berduka cita atas meninggalnya Omas, ya Millens. Terima kasih telah memberikan hiburan bagi masyarakat Indonesia. (Kom/IB28/E07)