BBM: Dikenalkan Sekaligus Ditinggalkan Milenial

Blackberry Messenger awalnya dikenalkan kaum milenial dan menjadi terkenal sampai menjadi "identitas anak gaul". Namun, kini aplikasi itu menemui kepunahannya.

BBM: Dikenalkan Sekaligus Ditinggalkan Milenial
BBM tutup. (Senayanpost)

Inibaru.id – PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) memastikan layanan Blackberry Messenger (BBM) di Indonesia akan tutup per 31 Mei 2019. BBM yang diakhiri layanannya adalah aplikasi versi consumer. Sementara itu, BBM Enterprise (BBMe) yang bisa diunduh pengguna Android dan iOS masih bisa dinikmati pengguna gawai.

Laman CNN Indonesia, Kamis (18/4/2019) menulis, Chief Marketing Officer Blackberry Mark Wilson mengaku menghormati keputusan penutupan layanan BBM ini.

“Kami menghormati keputusan Emtek, walau sebenarnya kami kecewa dengan pertumbuhan platform yang tidak sesuai dengan yang ditargetkan,” ucap Wilson.

BBM lahir pada 1 Agustus 2005 silam. Di awal kemunculannya, BBM sangat digandrungi kaum milenial. Bahkan, BBM dianggap sebagai "identitas" anak gaul saking terkenalnya aplikasi ini. Setelah itu, aplikasi ini mengalami perkembangan yang signifikan dengan ditambahkannya beberapa fitur yang memudahkan penggunanya. Sebagai contoh, pada 2009 BBM mengeluarkan fitur PIN Barcode Scanning dan GPS. Dua tahun kemudian, yakni pada 2011, BBM mengeluarkan BBM 6 and Connected Apps serta BBM Music.

Pada 2012, BBM 7 dirilis yang dilengkapi dengan fitur BBM Voice. Di tahun ini juga muncul fitur The Dictionary. Setahun setelahnya, BBM mengeluarkan fitur BBM Channels dan kemudian bisa digunakan di berbagai macam platform (BBM Goes Cross Platform).

Tahun 2014, BBM Meetings dan BBM Stickers keluar. Setahun kemudian, BBM menyebut aplikasinya bisa dipakai pengguna Android dan telah dikunjungi 1 miliar pengguna. Di tahun 2015 ini juga disebutkan BBM telah diunduh 100 juta kali di Google Play sehingga membuat penyedia merilis design update yang sesuai dengan kebutuhan pengguna Android. Di usianya yang mencapai 10 tahun tersebut, BBM juga memperkenalkan Private Chat.

Sayang, sejak 2015 pula pengguna aktif BBM cenderung semakin menurun karena kalah populer dari aplikasi pesan instan lain seperti WhatsApp atau LINE. BBM pun semakin meredup hingga akhirnya bakal ditutup pada 31 Mei mendatang.

Millens bakal kangen fitur BBM apa saja, nih? (IB09/E04)