Fenomena Supermoon, BMKG Ingatkan Masyarakat tentang Pasang Maksimum Air Laut

Fenomena alam Supermoon bakal kembali menghampiri Indonesia pada 19 hingga 22 Januari mendatang. Fenomena tersebut diperkirakan bakal berakibat pada pasang maksimum air laut.

Fenomena Supermoon, BMKG Ingatkan Masyarakat tentang Pasang Maksimum Air Laut
Fenomena Supermoon. (Immortal)

Inibaru.id - Fenomena Supermoon bakal kembali menyapa Indonesia mulai Sabtu (19/1/2019). Diperkirakan, fenomena ini berlangsung selama empat hari ke depan. Pada saat itu, bulan akan mencapai purnama dan berada pada posisi terdekat dengan bumi (perigee).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena itu bisa memicu pasang maksimum air laut. Melalui akun Instagram resminya @infobmkg, BMKG menginformasikan peringatan dini tentang pasang maksimum air laut itu supaya masyarakat dapat waspada.

 

Peringatan dini BMKG. (Instagram/@infobmkg)

Air laut yang pasang maksimum diperkirakan bakal mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, termasuk kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Selain itu, aktivitas petani garam dan perikanan darat juga akan tersendat.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Rendi Krisnawan juga turut memperingatkan warga pesisir selatan Kabupaten Cilacap agar nggak beraktivitas di sekitar laut.

“Apalagi hingga sekarang gelombang tinggi masih berpotensi di wilayah perairan selatan Cilacap hingga Yogyakarta dan Samudra Hindia. Dalam hal ini, tinggi gelombang maksimum dapat mencapai empat meter”, kata Rendi seperti ditulis Antaranews.com, Jumat (18/1).

Dia memperkirakan pasang maksimum air laut pada Sabtu (19/1) mencapai 1,9 meter pada pukul 19.00 WIB. Pasang tertinggi, menurut Rendi, akan terjadi pada Selasa (22/1) dengan ketinggian maksimum 2,1 meter pada pukul 21.00 hingga 22.00 WIB.

Sesudah Selasa (22/1), air laut diprediksi masih akan tinggi pada Rabu (23/1) yakni 2,1 meter dan Kamis (24/1) mencapai 2 meter.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi atau media sosial BMKG.

Nah, sobat Millens yang mau jalan-jalan ke pantai pada tanggal-tanggal tersebut mesti hati-hati, ya! Jangan lupa untuk pantau terus info dari BMKG. (IB07/E04)