Ukuran Besar Peringatan Bahaya Merokok di Bungkus Rokok Dinilai Lebih Efektif

Ukuran Besar Peringatan Bahaya Merokok di Bungkus Rokok Dinilai Lebih Efektif
Peringatan di kemasan rokokdicetak dalam ukuran yang besar. (Detik)

Penelitian membuktikan, ukuran dan desain gambar peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok berdampak positif. Peringatan itu disebut bisa membuat orang berpikir untuk berhenti merokok.

Inibaru.id – Gambar peringatan bahaya merokok berukuran besar pada bungkus rokok disebut efektif menyadarkan perokok. Sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia menghasilkan fakta gambar berukuran besar itu bisa  membuat orang lebih memperhatikan kesehatannya.

Medcom.id, Senin (1/4/2019) menulis, penelitian yang dilakukan di University of Stirling ini dilakukan untuk mencari tahu beda dampak dari penggunaan peringatan bahaya merokok di dalam bungkus rokok dan kemasan rokok yang polos.

“Adanya gambar peringatan bahaya merokok berukuran besar bisa membuat orang menyadari dampak dari kebiasaan ini. Banyak perokok yang akhirnya berpikir untuk berhenti akibat hal ini,” ungkap pemimpin penelitian Crawford Moodie.

Moodie menyebut hal ini bisa terjadi jika perokok secara terus-menerus melihat gambar peringatan dalam ukuran yang besar. Apalagi jika gambar ini ditempatkan di dua sisi kemasan rokok, peringatan tersebut akan lebih efektif.

“Jika perokok melihatnya secara konsisten, mereka akan berpikir untuk benar-benar berhenti merokok,” jelasnya.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 1.865 orang perokok aktif dengan usia lebih dari 16 tahun. Dalam studi ini juga ditemukan fakta ukuran gambar peringatan yang kecil cenderung diabaikan para perokok.

Hasil tersebut juga diamini George Butterworth dari Cancer Research, Inggris. Menurut Butterworth, selain ukuran, desain peringatan bahaya merokok cenderung lebih diperhatikan para perokok.

“Desain peringatan bahaya merokok sepertinya cukup ampuh menurunkan daya tarik produk tembakau,” kata Butterworth.

Sebagai informasi, rokok telah menjadi salah satu penyebab tingginya berbagai kasus masalah kesehatan yang memicu kematian di seluruh dunia layaknya penyakit jantung koroner, strok, dan berbagai jenis kanker. Diharapkan, informasi tentang desain peringatan bahaya merokok di bungkus rokok bisa membantu kampanye menurunkan jumlah perokok secara global.

Sobat Millens yang merokok pernah terpikir untuk berhenti merokok nggak sih setelah melihat gambar peringatan itu? (IB09/E04)