Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Nominasi Oscar 2021

Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Nominasi Oscar 2021
Perempuan Tanah Jahanam masuk Oscar 2021. (Twitter.com/jokoanwar)

Film bergenre horor Perempuan Tanah Jahanam akan mewakili Indonesia di Oscar 2021. Kira-kira, seperti apa ya peluangnya di ajang film paling bergengsi di seluruh dunia ini?

IB28 - Dunia perfilman Indonesia layak berbangga. Film karya sutradara Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam masuk nominasi Oscar 2021 untuk kategori Best International Feature Film.

Film yang di luar negeri dikenal dengan judul Impetigore itu akan mewakili Indonesia di ajang Academy Award ke-93 pada 2021. Perempuan Tanah Jahanam sukses menyisihkan 59 film lain di Indonesia.

Menurut Komite Seleksi Oscar Indonesia, proses penetapan ini dilakukan pada salah satu puncak keemasan film Indonesia pada 2019. Pada tahun tersebut, ada 140 film yang muncul di Indonesia. Jumlah penontonnya dalam setahun juga mencapai 50 juta pasang mata!

“Film kedelapan Joko Anwar ini dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia yang diketuai sineas Garin Nugroho dari 59 film Indonesia lain,” tulis keterangan Komite Seleksi Oscar Indonesia.

Joko Anwar gembira film garapannya masuk Oscar. (Medcom)<br>
Joko Anwar gembira film garapannya masuk Oscar. (Medcom)

Sutradara film ini Joko Anwar menyambut gembira kabar nomisasi ini. Terlebih, film bikinannya itu akan mencetak sejarah sebagai film horor pertama yang mewakili Indonesia di ajang Oscar.

“Semoga Perempuan Tanah Jahanam bisa jadi representasi yang baik untuk film Indonesia dan membuat audiens internasional ingin mengetahui lebih banyak tentang film Indonesia,” kata Joko Anwar.

Sebelum mewakili Indonesia di Oscar, Perempuan Tanah Jahanam sudah dikenal dengan reputasi keren karena meraih sejumlah penghargaan berlevel internasional. Film tersebut sempat terpilih untuk ditayangkan di kategori International Premiere dalam festival bergengsi Sundance Film Festival pada Januari 2020. Selain itu, film ini  juga meraih Melies Award for Best Asian Film di Bucheon International Fantastic Film Festival 2020 di Korea Selatan.

Nggak hanya tayang di Indonesia, film Perempuan Tanah Jahanam juga berkibar di bioskop di berbagai negara seperti di Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Salah satu cuplikan film Perempuan Tanah Jahanam. (Twitter/Alexandermatius)
Salah satu cuplikan film Perempuan Tanah Jahanam. (Twitter/Alexandermatius)

Kalau di dalam negeri? Tampaknya prestasi Perempuan Tanah Jahanam juga nggak perlu diragukan lagi. Film ini berhasil mendapat 17 nominasi Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2020 sekaligus mencetak rekor sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah gelaran FFI.

Produser BASE Entertainment, Shanty Harmayn pun cukup terkejut karena film garapannya bisa masuk nominasi Oscar.

Perempuan Tanah Jahanam terus mengejutkan kami dari mulai terpilih untuk tayang di Sundance hingga sekarang Academy Award. Ini adalah testamen bagaimana kekuatan unsur lokal yang dikemas apik di Perempuan Tanah Jahanam bisa diterima oleh dunia film internasional,” ujarnya.

Wah, sebagai orang Indonesia kita patut berbangga ya, Millens. Semoga saja bisa berprestasi di ajang Oscar! (Jaw/IB28/E07)