Perempuan Asal Malaysia Ini Memiliki 'Darah Emas!

Perempuan Asal Malaysia Ini Memiliki 'Darah Emas!
Perempuan asal Malaysia yang memiliki "darah emas". (Facebook Derma Darah Terengganu Kite)

Seorang perempuan asal Malaysia disebut-sebut memiliki darah emas. Darahnya sangat langka di dunia dan disimpan dalam wadah khusus agar awet. Buat apa, ya?

Inibaru.id - Orang bangsawan sering dianggap memiliki darah biru meski darahnya nggak benar-benar biru. Nah, kalau perempuan asal Malaysia ini justru dianggap memiliki "darah emas". Ya, darahnya sebenarnya sih masih merah, Millens. Lantas, kok bisa dianggap emas, ya?

Sang perempuan yang nggak disebutkan identitasnya berasal dari Terengganu. Kisahnya pun langsung viral di Negeri Jiran karena memiliki golongan darah paling langka dan paling berharga di dunia, yakni golongan darah Rh-null.

Kamu tahu nggak, saking langkanya golongan darah ini, hanya ada 43 orang yang sejauh ini terdaftar memilikinya di seluruh dunia. Sang perempuan dari Malaysia adalah salah satunya. Dia bahkan jadi satu-satunya orang dari Malaysia yang memilikinya.

Yang mengunggah kabar ini adalah Bank Darah Terengganu (Derma Darah Terengganu Kite). Sembari mengunggah foto sang perempuan yang berhijab dan memakai masker, akun Facebook milik organisasi ini menyebut sang perempuan memiliki golongan darah paling langka di dunia pada Senin (29/11/201) lalu.

Beda dengan darah-darah yang didonorkan dari orang lain yang biasanya bakal disimpan atau langsung disumbangkan ke siapa saja sesegera mungkin jika dibutuhkan, darah dari perempuan tersebut langsung dikirim ke Bank Darah Nasional yang ada di Kuala Lumpur. Di sana, darah ini akan disimpan dalam wadah khusus yang dilengkapi dengan nitrogen dengan suhu minus 90 derajat Celcius sehingga bisa bertahan sampai 10 tahun!

Darah rh-null sangat langka di dunia. (Flickr/Armed Services Blood Program)
Darah rh-null sangat langka di dunia. (Flickr/Armed Services Blood Program)

"Jika ada pasien yang membutuhkan jenis darah ini, maka darah ini akan diencerkan untuk digunakan," ujar admin Derma Darah Terengganu Kite.

Sebenarnya, seperti apa sih golongan darah Rh-null? Kalau menurut Australian Academy of Science, golongan daarah ini sama sekali nggak punya antigen Rh (protein) di sel darah merah. Hal ini membuat jenis darah Rh-null sangat langka di dunia. Jika ada orang yang membutuhkan transfusi darah berjenis ini, tentu bakal sangat kesulitan. Oleh karena alasan inilah, darah ini dianggap sangat berharga.

Kali pertama darah berjenis Rh-null ditemukan di dunia adalah pada 1961. Saat itu, darah ini ditemukan di seorang perempuan Aborigin Australia.

Benar-benar "darah emas" saking langkanya, ya Millens. (Sin/IB09/E05)