Percantik Kota dengan Zebra Cross

Untuk menarik pedestrian agar menyeberang jalan di tempat yang benar, zebra cross dibuat unik dan didesain menarik.

Percantik Kota dengan Zebra Cross
Zebra cross di Bandung yang didesain menyerupai ular tangga. (Brilio.net)

Inibaru.idZebra cross unik lagi tren ya, Millens. Nggak melulu garis-garis putih, sejumlah marka penyeberangan berdesain menarik mulai diterapkan di sejumlah kota. Pekalongan menjadi kota paling anyar yang melakukan itu. Sebelumnya, Bandung dan Kendal juga sudah menerapkannya.

Kota Bandung tercatat sebagai daerah terdepan yang membuat zebra cross dengan desainunik. Untuk mempercantik kota, Walikota Bandung Ridwan Kamil mendesain marka penyeberangan laiknya permainan ular tangga, sondah, alat musik angklung, dan deretan suling.

Kompas.com (27/12/2016) menuliskan, salah satu desain unik itu bisa dilihat di Jalan Merdeka. Ular tangga lengkap dengan kotak bernomor dan gambar ular menyeberangi jalan. Kamu mungkin bakal tersenyum tiap kali menyeberangi zebra cross itu.

Baca juga:
Yuk Berwisata di Lajur Penyeberangan Jalan
Tantangan Kotak Tak Terlihat, Bisakah Kamu?

Menurut Ridwan Kamil, marka jalan tersebut sengaja dibikin “mencolok” biar para pengendara bermotor lebih melek dengan keberadaannya. Tujuannya, tentu untuk menghargai para pejalan kaki.

“Ya biar pemotor nggak melanggar zebra cross. Jadi, biar lebih diperhatikan, dibikin desain unik untuk di Kota Bandung," ungkapnya.

Sekitar tujuh zebra cross dibuat dengan desain yang menarik, seperti di Jalan Merdeka, Jalan Braga, dan Jalan Sukarno-Hatta.

“Ada berbagai tipe. Di luar negeri juga sudah dimulai. Ada angka-angkanya, itu diserahkan kepada tim desain untuk menarik perhatian dan menghormati pejalan kaki,” jelas Kang Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga:
Peta Indonesia di Casing Ponsel Jokowi
Kucing Juga Bisa Punya Kartu Perpustakaan

Selain Bandung, Kendal juga menerapkan marka penyeberangan berdesain unik. Warna yang mencolok sengaja dipilih Bupati Kendal Mirna Annisa biar pengendara memperhatikan keberadaan zebra cross ini, Millens.

Marka unik itu bisa kamu temukan di depan SMK Negeri 4 Kendal dan SMP Negeri 1 Brangsong yang memang paling padat diseberangi. Warna-warni unik pun membuat para pedestrian memilih lajur itu untuk menyeberang jalan. Unik ya! (PL/GIL)