Perbedaan Usia Pasangan Ternyata Bisa Mempengaruhi Risiko Perceraian, Lo!

Perbedaan Usia Pasangan Ternyata Bisa Mempengaruhi Risiko Perceraian, Lo!
Perbedaan usia saat menikah menjadi pertimbangan banyak orang (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menurut ahli, perbedaan usia antar pasangan bisa memengaruhi risiko perceraian hingga 39 persen, lo. Lantas, seberapa jauh jarak usia pasangan yang ideal sehingga bisa langgeng, ya?

Inibaru.id – Cinta memang nggak kenal usia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pasangan dengan perbedaan usia yang cukup jauh. Sebagai contoh, ada pasangan yang usianya terpaut hingga puluhan tahun. Hanya, apakah perbedaan usia ini bisa mempengaruhi risiko perceraian?

Banyak pasangan yang menyebut perbedaan usia bukanlah halangan untuk menjalani mahligai pernikahan yang sempurna. Hanya, perbedaan usia yang terpaut jauh bisa saja membuat pasangan memiliki banyak sekali perbedaan. Hal inilah yang bisa menyebabkan datangnya keretakan rumah tangga.

Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan di Emory University. Penelitian ini menemukan bahwa pasangan yang menikah dan memiliki perbedaan usia satu tahun hanya memiliki resiko bercerai sebesar 3%. Sementara itu, pasangan memiliki perbedaan usia 5 tahun berisiko alami perceraian hingga 18%. Sayangnya, jika pasangan memiliki perbedaan usia hingga 10 tahun, risiko mengalami perceraian bisa mencapai 39%.

Penelitian yang melibatkan 3000 pasangan tersebut juga menunjukkan bila pasangan yang memiliki perbedaan usia sampai dengan 20 tahun dengan pasangannya memiliki risiko perceraian sampai 95%!

Semakin besar perbedaan usia antar suami dan istri, semakin besar perbedaan cara berpikir, perbedaan pendapat, hingga cara menyelesaikan masalah yang dipilih. Jika pasangan tidak memiliki sikap saling mengerti, bisa saja sering menyebabkan pertengkaran yang akhirnya berujung pada perceraian.

Setiap orang mendambakan pernikahan yang langgeng (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Setiap orang mendambakan pernikahan yang langgeng (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terdapat pula data statistik lain yang menunjukkan bahwa pasangan yang mampu mempertahankan rumah tangganya selama dua tahun memiliki potensi menghindari perceraian sebesar 43% meski memiliki perbedaan usia yang cukup besar.

Meski terlihat mengerikan, kamu nggak perlu khawatir berlebihan jika perbedaan usiamu dan pasangan cukup besar. Asalkan kamu dan pasangan mau memupuk ikatan agar menjadi semakin kuat, berbagai masalah rumah tangga tentu bisa dilewati dengan baik.

Kunci hubungan yang langgeng adalah saling percaya, komunikasi yang baik, dan toleransi yang tinggi antar pasangan. Dengan berkomitmen satu sama lain, segala permasalahan dapat terselesaikan sehingga kata perceraian pun nggak akan pernah terngiang di pikiran.

Gimana, pasangan kamu memiliki usia yang terpaut cukup jauh dengan usiamu, nggak nih? Atau jangan-jangan kamu belum punya pasangan, ya Millens? Sabar, ya. (Fim/MG31/E07)