Bill Gates Lunasi Utang Nigeria

Bill Gates, oang terkaya kedua di dunia akan melunasi utang Nigeria pada Pemerintah Jepang sebanyak 76 juta dolar AS. Sebelumnya, pinjaman dari Jepang itu digunakan Nigeria untuk memberantas wabah polio.

Bill Gates Lunasi Utang Nigeria
Bill Gates. (Cnbc.com)

Inibaru.id – Kepedulian pendiri Microsoft Bill Gates terhadap permasalahan sosial dan kesehatan perlu kita jadikan inspirasi, nih, Millens. Salah seorang pria terkaya di dunia tersebut menyatakan bakal melunasi utang Nigeria ke Jepang sebanyak 76 juta dolar AS atau setara Rp 1,01 triliun.

Sebelumnya, dana tersebut telah digunakan Nigeria untuk menanggulangi polio sehingga masyarakat dinyatakan bersih dari polio sejak 2017 lalu.

Baca juga:
Youtuber, Aturan Monetasi Kini Kian Ketat!
Kereta Pengangkut BBM Anjlok di Jalur Purwokerto-Kroya

Nigeria termasuk dalam jajaran negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia. Inilah yang menyebabkan Nigeria kesulitan melunasi pinjaman yang didapat melalui program Overseas Development Assistance (ODA) oleh Pemerintah Jepang pada 2014.

Pinjaman tersebut sejatinya diberi jangka waktu 20 tahun pelunasan. Namun, kini wewenang pelunasan sudah beralih ke yayasan milik Bill Gates.

Polio dan sejumlah isu kesehatan global lain saat ini memang tengah menjadi prioritas Bill and Melinda Gates Foundation, organisasi filantropis privat terbesar di dunia. Mereka bahkan mengumumkan akan menambah bantuan setara Rp 625 miliar untuk menanggulangi polio selama tiga tahun.

Bill and Melinda Gates Foundation selanjutnya akan fokus memberikan bantuan pada Pakistan dan Afghanistan. Dua negara tersebut hingga kini masih digerogoti oleh wabah polio.

Baca juga:
Ketika Iklan Baliho (Sengaja) Dibuat Terbalik
Didera Isu Miring, Marion Jola Beri Klarifikasi

“Kemajuan pada permasalahan polio menjadi pengingat bahwa sesama manusia bisa mencapai sesuatu ketika bahu-membahu,” ujar Bill Gates.

Kita doakan agar wabah polio bisa semakin diberantas, yuk, Millens. (AYU/GIL)