Perang Tagar di Media Sosial Saat Debat Capres Cawapres 2019

Kedua kubu pendukung Capres-Cawapres membuat tagar masing-masing demi mengklaim pasangan yang mereka dukungan memenangi debat. Namun, ada pula tagar "receh" yang dipakai untuk menanggapi perang tagar di Twitter.

Perang Tagar di Media Sosial Saat Debat Capres Cawapres 2019
Debat Perdana Capres Cawapres 2019 diwarnai perang tagar di media sosial. (Inibaru.id/Twitter)

Inibaru.id – Nggak cuma pasangan capres dan cawapres yang menjalani Debat Perdana Capres Cawapres 2019 pada Kamis (17/1/2019) malam. Di media sosial, pendukung dari kedua kubu juga ikut-ikutan berdebat dengan menyertakan tagar khusus. Sejumlah tagar tentang debat yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan itu juga memenuhi media sosial terutama Twitter. Berikut ulasan mengenai perang tagar selama Debat Perdana Capres Cawapres 2019 berlangsung.

Perang Tagar Dimulai Sebelum Acara Debat Berlangsung

Debat Capres Cawapres 2019 bertema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme itu baru berlangsung Kamis (17/1) malam. Namun, beberapa jam sebelum acara berlangsung, perang tagar sudah ramai di media sosial terutama Twitter.

Bagi pendukung Capres Nomor Urut 01, tagar yang digunakan adalah #Debat01Jokowi. Tagar ini sudah muncul sejak Kamis (17/1) sore, tepatnya sekitar pukul 15.00 WIB.  Dengungan tagar ini bahkan semakin nyaring saat acara debat berlangsung, khususnya saat Jokowi mengungkapkan pernyataan yang mengungkap visi-misinya.

Sementara itu, bagi pendukung Capres Nomor Urut 02, mereka memakai tagar #MauJanjiApalagi. Tagar ini mulai naik ke Trending Topic media sosial Twitter sejak Kamis sore pukul 16.30.

Kedua tagar ini bahkan bersaing ketat bersama dengan tagar #DebatPilpres2019. Ketiga tagar itu pun menguasai Trending Topic Indonesia. Kendati demikian, ada pula tagar-tagar lain yang dibuat seperti #PrabowoSandiMenang Debat dan #JokowiAminMenangDebat.

Baca juga:
Kumpulan Momen Lucu Saat Debat Perdana Capres Cawapres 2019
Sudah Resmi, Pilpres 2019 Jokowi-Ma'ruf Dapat Nomor Urut 1, Prabowo-Sandi Nomor Urut 2

Masih Ramai hingga Jumat (18/1)

Berdasarkan pantauan Inibaru.id di media sosial Twitter hingga Jumat (18/1) pukul 10:33 WIB, tagar #01UnggulDebat dan #PrabowoSandiMenangDebat masih memuncaki peringkat 1 dan 2 Trending Topic Twitter di Indonesia. Namun, di World Trending Topic, tagar ini sudah nggak terlihat.

Diramaikan dengan Tagar “Recehan”

Nggak hanya dua kubu yang perang tagar di Debat Capres 2019. Banyak warganet yang jengah dengan “peperangan” antar pendukung pasangan calon ini sengaja membuat tagar “recehan” atau lucu-lucuan demi menanggapi keriuhan politik Tanah Air. Tagar ini adalah #MojokinCapres yang diinisiasi salah satu situs berita di Indonesia. Warganet pun berbondong-bondong mengajukan pertanyaan konyol kepada kedua pasangan Capres-Cawapres tersebut.

Sobat Millens lebih sering melihat tagar yang mana nih? Jangan-jangan, semalam juga turut meramaikan tagar-tagar itu? Ha-ha. (IB09/E04)