Penyelidikan Kasus Tewasnya Akseyna di Danau UI Kembali Dibuka

Penyelidikan Kasus Tewasnya Akseyna di Danau UI Kembali Dibuka
Penemuan jenazah Akseynia di Danau UI. (Jakarta.tribunnews)

Sempat menjadi misteri selama lima tahun, penyelidikan kasus kematian Akseyna di Danau UI Kembali Dibuka. Seperti apa kronologi kasusnya?

Inibaru.id – Pada 2015 silam, jenazah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Akseyna Ahad Dori ditemukan di Danau Kenanga, Balairung UI. Kematiannya kemudian menjadi misteri yang nggak terpecahkan. Hanya saja, Poresta Depok belakangan membuka lagi penyelidikan kasus ini.

Detik, Selasa (4/2/20) menulis, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra menyebut Polresta Depok sudah mulai kembali mengecek Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Senin (3/2).

“TKP pun sudah diolah kembali oleh Kapolres hari ini, Kombes Azis Andriansyah. Penyidik masih lakukan upaya penyelidikan,” terang Kombes Asep Adi.

Kasus ini berawal pada penemuan mayat Akseyna pada Kamis (26/3/15) di sisi utara danau. Mayat ini ditemukan mahasiswa sekitar pukul 09.00 WIB. Tidak ada identitas di mayat korban, namun korban diduga sudah tewas beberapa hari. Keberadaan batako yang diikat di tubuh korban juga membuat dugaan bahwa korban ditenggelamkan semakin kuat. Apalagi di kening korban terlihat ada bekas pukulan benda tumpul.

Identitas korban terkuak pada Selasa (31/3/2015). Korban adalah Akseyna, mahasiswa jurusan Biologi Fakultas MIPA. Pihak universitas langsung menyerahkan kasus ini ke aparat kepolisian agar segera diselidiki.

Sayangnya, hingga Jumat (15/5/2015), aparat kepolisian dari Polres Depok, Jawa Barat mengaku kesulitan untuk menguak kasus ini. Hal ini disebabkan oleh barang bukti yang sangat minim dan tidak adanya saksi.

Meski ada semacam surat wasiat yang ditemukan oleh teman Akseyna, seorang grafolog, Deborah Dewi dari American Handwriting Analysis Foundation menyebut surat ini sepertinya ditulis oleh dua orang. Hal ini membuat misteri kematiannya semakin membingungkan.

Setelah hampir lima tahun tak kunjung menunjukkan titik terang, Polresta Depok kembali membuka kasus ini dengan mengecek TKP pada Senin (3/2). Selain itu, sudah ada 28 saksi yang dimintai keterangan. Pihak keluarga pun berharap misteri kematian Akseyna bisa segera diungkap.

“Saya sebagai keluarga, sebagai orang tua tentunya bersyukur kalau ada progress olah TKP lagi. Kan selama ini sudah lama tidak terdengar kabar beritanya,” ucap ayah Akseynia, Kolonel MArdoto yang merupakan pengajar di Akademi Angkatan Udara (AAU).

Semoga saja kasus ini bisa segera terungkap, ya Millens? (IB09/E06)