Penyebab Ubanan di Usia Muda, Murni Karena Stres atau Ada Faktor Lain?

Penyebab Ubanan di Usia Muda, Murni Karena Stres atau Ada Faktor Lain?
Uban di usia muda, murni karena stres? (Flickr/ Patrik Nygren)

Orang-orang yang punya uban di usia muda seringkali disangka sering mengalami stres. Apakah memang stres menjadi pemicu utama dari hal ini?

Inibaru.id – Uban alias rambut putih seringkali dianggap sebagai tanda bahwa seseorang sudah menua. Namun kini, banyak orang yang sudah memiliki uban di usia muda. Seringkali mereka diledek terlalu sering mengalami stres sehingga lebih cepat beruban.

Apakah benar jika stres memang bisa jadi penyebab uban di usia muda. Kalau menurut pakar kesehatan sih, hal ini memang bisa berpengaruh. Meski begitu, nggak semua orang mengalaminya, lo.

Stres bisa mempengaruhi banyak sekali hal. Ada yang sampai susah tidur, mengalami masalah nafsu makan, atau bahkan memicu tekanan darah tinggi. Dalam beberapa kasus, stres bisa membuat zat yang menentukan warna rambut nggak diproduksi dengan maksimal. Alhasil, rambutmu pun kemudian memutih di usia muda.

Tapi, stres nggak jadi satu-satunya penyebab munculnya uban di usia muda. Ada lo sejumlah faktor lain yang sebaiknya juga kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa faktor tersebut.

1.       Faktor Genetik

Kamu sudah merasa nggak mudah mengalami stres, tapi uban tetap saja muncul. Kalau hal ini memang yang terjadi, coba deh cek kondisi rambut orang tuamu, Millens. Kalau mereka juga sudah banyak beruban, bahkan di usia kurang dari 50-an. Ada kemungkinan kamu berubah karena pengaruh genetik alias keturunan.

Kalau yang ini sih, kamu nggak perlu khawatir berlebihan. Ada banyak kok orang yang sudah beruban di usia muda karena faktor genetik. Bisa jadi malah bikin penampilan rambutmu beda dari yang lain, Millens.

Ada banyak penyebab uban di usia muda. (Flickr/

Dave Lowensohn)
Ada banyak penyebab uban di usia muda. (Flickr/ Dave Lowensohn)

2.       Efek dari Produk Perawatan Rambut yang Kamu Gunakan

Kamu jarang stres dan orang tua juga nggak beruban, namun kamu tetap ubanan di usia muda. Kalau kasusnya seperti ini, coba deh kamu perhatikan apa saja produk perawatan rambut yang kamu pakai.

Sejumlah produk layaknya sampo atau pewarna rambut di pasaran memiliki bahan kimia bernama hydrogen peroksida. Bahan kimia ini bisa merusak rambut, lo, termasuk memicu munculnya uban sejak dini.

3.       Kurang Vitamin

Iya, kurang vitamin juga bisa membuatmu ubanan di usia muda, Millens. Vitamin yang dimaksud adalah vitamin B-12 yang memang berperan dalam mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Kalau kekurangan vitamin ini, tubuh bakal terkena anemia pernisiosa. Dampaknya, sel darah merah yang membawa oksigen serta nutrisi ke rambut terganggu produksinya.

4.       Merokok

Eits, yang ini nggak mengada-ada, lo Millens. ada penelitian yang menyebut perokok sejak usia dini akan lebih rentan mengalami uban di usia kurang dari 30-an. Hal ini disebabkan oleh efek beracun rokok yang bisa menyempitkan pembuluh darah.

Kalau yang terpengaruh adalah pembuluh darah menuju rambut, otomatis nutrisi dan oksigen ke rambut bakal terhambat. Kamu pun jadi ubanan deh.

Jadi, sudah tahu kan penyebab uban di usia muda? Nggak melulu karena stres, kok, Millens. (Kom/IB09/E05)