Putra Pangeran Harry dan Meghan Nggak Dapat Gelar Kerajaan, Ini Alasannya

Putra Pangeran Harry dan Meghan Nggak Dapat Gelar Kerajaan, Ini Alasannya
Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Sussex Royal/Chris Allerton)

Meski keturunan langsung dari Keluarga Kerajaan Inggris, anak Pangeran Harry dan Meghan Markle nggak mendapatkan gelar kebangsawanan dari Kerajaan. Apa alasannya?

Inibaru.id – Setelah dinanti-nanti, Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya mengungkap wajah sekaligus nama dari putra mereka yang lahir Senin (6/5/2019) kemarin. Duke dan Duchess of Sussex ini memberi nama sang putra Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Nama tersebut diumumkan saat Pangeran Harry dan Meghan membawa sang bayi bertemu dengan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Kastil Windsor. Lebih menarik, pasangan ini justru sepakat untuk nggak memberikan gelar kerajaan pada sang putra.

Archie seharusnya bisa mendapatkan gelar Earl of Dumbarton mengingat dirinya adalah keturunan dari Pangeran Harry. Selain itu, Archie setidaknya mendapatkan panggilan Lord, namun dia akhirnya hanya akan dipanggil Master saja.

“Indikasi terkuat mereka nggak mau membawa Archie sebagai formalitas 'royal',” ungkap koresponden kerajaan Inggris, Jonny Dymond seperti ditulis laman BBC, Rabu (8/5).

Keputusan Pangeran Harry dan Meghan ini didasari oleh keinginan untuk membuat anaknya mendapatkan kehidupan normal, bukannya perlakuan istimewa karena memiliki gelar bangsawan.

Pemilihan nama Archie cukup mengejutkan publik mengingat bursa nama-nama yang beredar lebih mengunggulkan nama-nama tradisional seperti Alexander, Albert, Arthurt, Philip, serta James.

Arti dari nama Archie juga cukup unik. Selain nama depan yang disebut-sebut terkait dengan leluhur Ibunda Pangeran Harry, Lady Diana, Harrison disebut-sebut memiliki arti “Harry’s son” atau putra Pangeran Harry. Sementara itu, nama Mountbatten-Windsor menandakan dia adalah keturunan laki-laki dari Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II.

Archie adalah cicit Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip kedelapan. Dia berada di urutan ketujuh pewaris tahta Kerajaan Inggris setelah Pangeran Charles, kakeknya.

“Rasanya sangat mengagumkan menjadi orang tua. Aku seperti tersihir dalam beberapa hari ini karena merasa ini seperti mimpi. Archie juga terlihat sabar dan tenang. Aku nggak tahu dari mana dia mendapatkan sifat ini,” ungkap Meghan dan Pangeran Harry di media.

Selamat Pangeran Harry dan Meghan atas kelahiran putranya. Semoga Archie tumbuh membanggakan. (IB09/E04)