Kulit Terasa Kusam dan Kering Saat Puasa? Ini Penyebabnya

Kulit Terasa Kusam dan Kering Saat Puasa? Ini Penyebabnya
Penyebab kulit kusam dan kering saat puasa. (Shutterstock)

Kulit kusam dan kering adalah hal umum yang sering dirasakan saat puasa. Dua hal itu memang wajar terjadi, tapi bisa juga dihindari dengan mengetahui penyebabnya.

Inibaru.id – Selain mudah lelah, orang yang berpuasa jamak merasakan kulitnya kusam. Ada pula yang merasa kulitnya lebih kering daripada biasanya. Hal ini dipicu sejumlah faktor baik dari dalam maupun dari luar diri.

Faktor internal berupa kurangnya asupan nutrisi yang cukup saat berpuasa. Sementara, faktor eksternal yang bisa mengakibatkan kulit kusam dan kering saat puasa adalah perubahan cuaca yang ekstrem dan polusi yang memengaruhi kesehatan kulit.

Lebih lanjut, berikut penyebab kulit kusam dan kering saat berpuasa.

Kekurangan Cairan

Banyak orang yang mengesampingkan pentingnya cairan dalam tubuh saat berpuasa. Hal inilah yang membuat kulit menjadi kering dan kusam. Masalah kulit kering pada dasarnya disebabkan karena kurangnya cairan pada lapisan luar kulit.

Lengan dan kaki adalah bagian yang paling rentan mengalami kondisi kering. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan pada tubuh terpenuhi.

Terlalu Banyak Makan Gorengan

Bagi sebagian orang, gorengan adalah menu wajib yang mesti ada di meja makan saat buka puasa. Padahal, gorengan bisa memberi efek yang kurang baik bagi kondisi kulit seperti kering dan kusam. Makanan yang digoreng sangat merugikan kulit karena saat proses menggoreng produksi lemak akan menghancurkan antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh dan kulit. Jadi, kurangi kebiasaan ngemil gorengan saat berbuka puasa ya, Millens.

Mandi Terlalu Lama

Berlama-lama di kamar mandi saat puasa memang membuat tubuh terasa lebih segar. Namun, hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Mandi terlalu lama bisa membuat kulit kering, apalagi jika kamu mandi menggunakan air panas. Semakin lama kulit melakukan kontak dengan air, lemak dalam kulit bisa semakin larut sehingga membuat kulit menjadi kering. Waktu ideal yang pas untuk mandi adalah lima menit.

Kurang Tidur

Nggak sedikit orang yang mengalami kurang tidur saat Ramadan karena beberapa alasan. Padahal, tidur sangat penting dilakukan karena berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Ahli sekaligus pendiri The Sleep School Guy Meadows mengatakan tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan dan menghilangkan racun dari kulit seperti ditulis laman Halodoc (10/4/2019).Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol yang memperburuk kondisi inflamasi kulit, yang dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Nah, itulah sejumlah penyebab kulitmu kusam dan kering saat puasa. Supaya nggak mengalami masalah kulit itu, kamu perlu menghindari penyebab-penyebabnya ya, Millens. (IB24/E04)