Penyakit Kanker Juga Bisa Datang Tanpa Gejala

Ada banyak jenis kanker di dunia yang harus diwaspadai, sebab kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang memerlukan pengobatan serius. Namun ada fakta serius mengenai jenis kanker yang datang tanpa gejala.

Penyakit Kanker Juga Bisa Datang Tanpa Gejala
Kanker. (Ist)

Inibaru.id – Saat ini, penyakit kanker menjadi penyakit yang banyak mendapat perhatian dunia. Sebab, nggak sedikit orang dinyatakan menderita penyakit kanker dan masih sedikit orang dapat disembuhkan. Apalagi kanker stadium lanjut akan membuat peluang kesembuhan semakin kecil.

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang nggak normal dalam tubuh, lalu membunuh jaringan dan akhirnya menghancurkan organ. Ada beberapa jenis kanker yang paling umum seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus, kanker darah, dan lainnya.

Baca juga: Sering Diabaikan, Kenali Gejala Leukimia Sejak Dini

Mengenai gejala kanker, pada umumnya seseorang akan mengalami nyeri tulang, lemah, anemia, kegagalan organ, dan lainnya. Ketika menunjukkan gejala-gekala di atas, dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes untuk menegakkan diagnosis. Mulai dari pengecekan riwayat penyakit, tes darah, dan tes sumsum tulang belakang.

Namun ternyata, ada fakta lain yang serius bahwa ada beberapa jenis kanker yang nggak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Ini mengakibatkan kanker sulit dideteksi dan dicari pengobatan yang sesuai dengan penyakit tersebut.

Jenis kanker yang nggak menunjukkan gejala di tahap awal, antara lain kanker prostat, kanker usus, kanker testis, dan beberapa kasus kanker darah.

Jawapos.com, Minggu (15/1/2017), menulis, kanker prostat dapat mematikan karena nggak menunjukkan tanda-tanda hingga akhirnya menyebar ke tulang dan menyebabkan banyak komplikasi. Kanker usus bisa terjadi pada pria dan wanita tanpa menunjukkan gejala apa pun. Biasanya hanya merasakan sakit perut, muncul bisul, dan iritasi usus yang terabaikan.

Sementara kanker testis yang menyerang organ genital pria yang nggak diketahui gejalanya. Kanker ini bila berhasil terdeteksi pada tahap awal dapat segera disembuhkan, tetapi bila  diabaikan dapat menyebar ke organ-organ tubuh lain dan menyebabkan risiko yang lebih fatal. Kanker darah juga bisa datang tanpa adanya gejala seperti yang diderita ibu Ani Yudhoyono saat ini.  

Untuk itulah, rutin memeriksakan kesehatan juga dianjurkan supaya penyakit-penyakit berbahaya yang nggak terdeteksi bisa diketahui. Menjaga asupan makanan dan minuman juga perlu diperhatikan ya Millens. (IB07/E05)