Penutupan Jembatan Tanggulangin Diundur hingga Pertengahan Oktober

Penutupan Jembatan Tanggulangin Diundur hingga Pertengahan Oktober
Jembatan Tanggulangin di Kabupaten Kudus. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Penutupan Jembatan Tanggulangin Kudus diundur hingga pertengahan Oktober. Penutupan jembatan sedianya akan diberlakukan mulai Jumat (14/9/2018).

Inibaru.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus melalui akun Instagram resmi @dishubkab_kudus menginformasikan penutupan Jembatan Kolonel Sunandar Kudus diundur. Kebijakan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta kesepakatan dari berbagai pihak.

Berdasarkan informasi sebelumnya, jembatan yang juga dikenal dengan nama Jembatan Tanggulangin ini mulai ditutup pada Jumat (14/9/2018). Penutupan ini dilakukan karena adanya pembangunan jembatan Tanggulangin III yang menjadi penghubung Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak.

Saat ditutup nanti, Kepolisian Resor (Polres) Kudus bekerja sama dengan Polres Demak akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik. Manajemen rekayasa lalu lintas ini akan dievaluasi setiap harinya demi kelancaran lalu lintas setiap saat. Hingga kini, rekayasa lalu linta situ baru diuji coba.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto menjelaskan, nantinya Jembatan Tanggulangin II yang ada di sebelah timur bakal dibuka dua arah.

“Jembatan sisi timur dibuka dua arah dari Kudus dan Demak. Sedangkan jembatan sebelah kanan atau sisi barat dari arah Demak sudah ada penutupan,” ungkapnya seperti ditulis Isknews.com, Jumat (14/9).

Eko menambahkan, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan beberapa jalan alternatif menuju Demak. Para pengendara dari arah Semarang maupun Surabaya bisa melewati Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara atau Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.

Pihak Polres Kudus juga sudah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas menuju jalan alternatif tersebut. Kendati begitu, jalan alternatif ini memiliki kekurangan.

“Hanya saja rute jalan yang harus ditempuh relatif jauh,” ungkapnya.

Ya, setidaknya hingga Oktober nanti sobat Millens yang ada di Kudus dan sekitarnya masih bisa melewati Jembatan ini. Namun, kamu perlu bersiap-siap dari sekarang untuk memilih jalur alternatif yang tepat saat Jembatan Tanggulangin ditutup ya. (MG12/E04)