Penutupan 10 Ruas Jalan di Kota Semarang Dibatalkan, Kenapa?

Penutupan 10 Ruas Jalan di Kota Semarang Dibatalkan, Kenapa?
Jalan Pahlawan menjadi salah satu ruas yang rencana bakal ditutup selama akhir pekan ini. Namun, rencana itu dibatalkan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Belum sehari rencana penutupan 10 ruas jalan di Kota Semarang selama akhir pekan beredar di masyarakat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang mengumumkan penutupan itu dibatalkan. Apa alasannya? 

Inibaru.id – Pemerintah Kota Semarang resmi menunda penutupan 10 ruas jalan utama di Kota Lunpia yang seharusnya dimulai hari ini, Jumat (11/12/2020). Sebelumnya, penutupan rencana akan dilakukan hingga Senin (14/12) mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, keputusan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Semarang. Namun, dia belum bisa menyampaikan secara lebih detail pertimbangan penundaan rencana penutupan jalan tersebut.

Semula, Pemkot Semarang berencana menutup ruas-ruas jalan protokol di Kota Semarang demi menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di ibukota Jawa Tengah tersebut. Jalan yang akan ditutup antara lain:

  • Jalan Pemuda, tepatnya dari Paragon Mall sampai Tugu Muda;
  • Kota Lama, tepatnya dari Simpang Letjen Suprapto/Cendrawasih–Jembatan Berok;
  • Jalan Pandanaran, dari Tugu Muda hingga Simpang Lima;
  • Jalan Gajah Mada, dari Simpang Lima hingga Simpang Gendhingan;
  • Jalan Pahlawan, dari air mancur hingga Simpang Lima;
  • Jalan Ahmad Yani, dari Simpang RRI sampai Simpang Lima;
  • Jalan Dr Wahidin, tepatnya dari Simpang Kaliwiru sampai Jalan Sisingamangaraja;
  • Jalan Tanjung, dari Simpang Imam Bonjol sampai Simpang Pemuda;
  • Jalan Ngesrep Timur V, tepatnya di pintu masuk Gapura Pangeran Diponegoro; dan
  • Jalan Lamper Tengah.

Distribusi Logistik Pasca-Pilwakot

Distribusi logistik pasca-Pilwakot Semarang yang masih berlangsung menjadi salah satu alasan penundaan rencana penutupan 10 ruas jalan di Kota Semarang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Distribusi logistik pasca-Pilwakot Semarang yang masih berlangsung menjadi salah satu alasan penundaan rencana penutupan 10 ruas jalan di Kota Semarang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Endro mengatakan, salah satu alasan penundaan penutupan jalan di Kota Semarang adalah karena masih adanya distribusi logistik pasca-Pilwakot Semarang yang berlangsung pada 9 Desembber 2020 lalu.

"Pertimbangan belum bisa saya sampaikan. Tapi, salah satunya untuk distribusi habis pelaksanaan pilwakot. Mobilitas pengiriman logistik biar selesai dulu," terangnya, yang juga menambahkan, belum bisa memastikan kapan rencana penutupan jalan itu akan berakhir.

Menurutnya, kemungkinan, penutupan jalan baru akan diberlakukan pada akhir tahun sambil menunggu perkembangan Covid-19 di Kota Semarang.

Nggak jadi ditutup bukan berarti kamu bisa bebas jalan-jalan lo, Millens! Ingat, pandemi Covid-19 belum reda. Jadi, tetap jaga diri ya! (IB04/E03)