Penutup Mata Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Benar Nggak, sih?

Penutup Mata Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Benar Nggak, sih?
Apakah penutup mata bisa bikin tidur lebih nyenyak? (Freepik)

Nggak semua orang bisa tidur dengan mudah. Banyak yang harus bekerja keras untuk dapat tidur nyenyak. Memakai aksesori seperti penutup mata juga menjadi pilihan. Tapi, benarkah penutup mata dapat membuat tidur lebih nyenyak?

Inibaru.id – Kamu pasti sudah sering menjumpai penutup mata yang dijual di pasaran. Produk ini didesain untuk membantu orang agar mendapatkan tidur nyenyak. Benarkah benda ini efektif membantu seseorang mendapat tidur lebih nyenyak?

Kata pakar tidur Samuel Gurevich, MD, hal itu tergantung pada masing-masing orang. Jadi, seseorang harus mencari tahu kondisi apa yang terbaik untuk membantu memudahkan tidur. Hal yang perlu diperhatikan adalah lingkungan yang aman dan tenang untuk mendapat istirahat malam yang nyenyak.

Memadamkan lampu kamar juga merupakan bentuk istirahat. Menurutnya, penutup mata efektif digunakan untuk tidur pada siang hari.

Kegunaan Penutup Mata

Penutup mata atau sleep mask atau masker mata memakai bahan kain yang berfungsi memberikan manfaat ketika tidur. Gurevich mengatakan, nggak banyak penelitian yang dapat mendukung efektivitas masker mata ketika dipakai tidur. Meski begitu, masker mata bisa saja sedikit membantu.

"Tetap waspada adalah respons tubuh terhadap lingkungan yang berbahaya. Ribuan tahun lalu, orang-orang yang mudah tertidur adalah mereka yang dimakan oleh harimau bertaring pedang." "Mereka yang waspada akan selamat, begitu pula gen mereka," sebut Gurevich.

Menurutnya, seseorang harus menemukan lingkungan yang aman dan tanpa gangguan untuk bisa tidur, termasuk lepas dari televisi atau gawai.

"Masker mata dapat membantu mencapai hal ini karena dapat menciptakan ruangan yang gelap dan sunyi."

Siapa pun bisa menggunakan masker mata untuk membantu tidur. Tapi, sangat disarankan untuk orang-orang yang nggak punya tirai anti tembus pandang, bekerja pada malam hari, dan mengalami insomnia.

Pastikan penutup mata yang kamu pakai nyaman ketika tidur miring. (Freepik)
Pastikan penutup mata yang kamu pakai nyaman ketika tidur miring. (Freepik)

Menggunakan penutup mata untuk tidur bisa menjadi bagian dari rutinitas tidur menenangkan. Ketenangan ini membuat otak mengenali segala sesuatu yang aman, tenang, dan nyaman sehingga kamu gampang tidur.

Jangan salah, kualitas tidur yang baik bisa memperbaiki banyak hal seperti:

-          Konsentrasi dan fokus

-          Emosi dan suasana hati

-          Waktu reaksi

-          Fungsi seksual

-          Kontrol diri

-          Ingatan jangka pendek

-          Kesadaran situasional

Lalu apa manfaat jangka panjang tidur berkualitas? Ternyata, tidur cukup menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, lo.

"Tidur adalah salah satu yang berkontribusi terhadap kesehatan kita. Tidur memengaruhi setiap bagian hidup Anda," kata Gurevich.

Memilih Penutup Mata yang Tepat

Seperti apa memilih masker mata yang nyaman tergantung masing-masing orang. Ada yang suka penutup mata dengan permukaan lembut, ada pula yang memilih warna terang.

"Ada juga orang yang memperoleh hasil yang positif dari masker mata dengan fungsi pendingin atau penghangat." Penutup mata yang dipakai harus pas di kepala. Tapi, hindari yang terlalu ketat dan pastikan tetap nyaman ketika tidur dalam posisi miring. Untuk memilihnya, jangan hanya kepincut yang terlihat bagus tapi nggak nyaman.

Jadi, apa kamu berencana membeli penutup mata, Millens? (Kom/IB21/E03)