Grab Bakal Temukan Penumpang dan Pengemudi Perempuan

Demi menurunkan kasus kejahatan seksual, Grab berencana "menjodohkan" penumpang dan pengemudi perempuan. Bagaimana cara merealisasikannya?

Grab Bakal Temukan Penumpang dan Pengemudi Perempuan
Mitra pengemudi dan penumpang grab. (Twitter/grabid)

Inibaru.id – Penyedia jasa transportasi daring Grab mengaku sedang berencana untuk membangun sistem yang bisa membuat penumpang perempuan mendapatkan pengemudi sesama jenis. Diharapkan, sistem ini sudah bisa diterapkan mulai kuartal kedua tahun 2019.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goesnadi mengatakan, rencana ini ditujukan untuk mencegah kejahatan seksual yang beberapa kali terjadi antara pengemudi dan penumpang Grab.

“Jadi, kami memang ingin menghubungkan driver perempuan dengan penumpang perempuan. Hanya saja, hal ini juga bergantung dengan adanya suplai mitra pengemudi perempuan atau tidak,” ucap Neneng.

Hal ini berarti, penumpang nggak bisa memilih pengemudi, sebaliknya, pengemudi juga nggak bisa memilih penumpang. Sistem ini tetap sama seperti yang sudah berlangsung.

Jika di daerah tertentu nggak ada pengemudi dengan jenis kelamin yang sama dengan penumpang, pengemudi yang akan didapat adalah yang paling dekat dengan titik penjemputan.

Sebagai informasi, hingga saat ini mitra pengemudi berjenis kelamin perempuan yang terdaftar di Grab sudah mencapai 1.000 orang. Meski terlihat banyak, jumlah ini sebenarnya masih nggak sebanyak jumlah mitra pengemudi berjenis kelamin pria.

Wajib Swafoto Sebelum Naik Kendaraan

Selain membuat sistem yang mempertemukan pengemudi dan penumpang perempuan, Grab juga akan meminta penggunanya melakukan swafoto atau selfie sebelum naik kendaraan.

Selfie dilakukan demi konfirmasi identitas. Hal ini bisa memberikan sisi keamanan bagi para mitra pengemudi,” ucap Neneng.

Grab menyebut banyak kasus kejahatan yang dilakukan ke mitra pengemudi dilakukan mereka yang baru kali pertama menggunakan aplikasi transportasi daring. Kewajiban melakukan swafoto sebelum naik mobil diharapkan bisa menurunkan kasus ini.

Ide-ide dari Grab ini menurut Millens tepat nggak sih? (IB09/E04)