Jelang Lebaran, Penukaran Uang di Bank Indonesia Dibatasi Maksimal Rp 3,9 Juta

Jelang Lebaran, Penukaran Uang di Bank Indonesia Dibatasi Maksimal Rp 3,9 Juta
Penukaran uang di BI. (Antara/Sigid Kurniawan)

Jika tahun lalu pembatasan penukaran uang di BI menjelang Lebaran adalah Rp 3,7 juta, tahun ini naik menjadi Rp 3,9 juta.

Inibaru.id – Menjelang Idulfitri, banyak warga yang menukarkan uang di Bank Indonesia (BI) demi mendapatkan uang dengan pecahan yang lebih kecil. Uang itu biasanya akan dibagikan kepada anggota keluarga yang lebih muda. Mengantisipasi banyaknya warga yang akan melakukan penukaran uang, BI pun memilih untuk membatasi penukaran uang maksimal Rp 3,9 juta.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyebut batasan uang yang bisa ditukarkan ini naik dari Rp 3,7 juta pada tahun lalu.

“Maksimal sekarang rata-rata satu orang hanya mendapatkan Rp 3,9 juta. Hanya saja, hal ini lebih ke arah paket yang terdiri dari beberapa jenis pecahan,” terang Rosmaya seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (11/5/2019).

BI menyebut pemberian dalam bentuk paket ini dilakukan agar proses penukaran menjadi lebih ringkas dan cepat.

“Jadi nanti akan diberi paket sejumlah uang Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000,” terangnya.

Kendati demikian, Rosmaya menyebut sebenarnya nggak ada aturan yang tepat mengenai pembatasan jumlah uang yang ditukarkan ini.

“Sebenarnya, nggak ada aturannya soal batasan penukaran uang ini. Hanya saja, kami meminta adanya pembatasan agar nggak ada orang yang hanya menukarkan uang dengan jenis pecahan tertentu,” lanjutnya.

Selain itu, Rosmaya juga menyebut ada indikasi orang-orang menukarkan uang pecahan kecil (UPK) yang kemudian dijual kembali ke orang lain. Karena alasan inilah, setiap kali ada orang yang menukarkan uang di BI, mereka diminta untuk ditandai jarinya agar tidak kembali lagi untuk menukarkan uang.

“Penjual UPK ini sering berada di pinggir jalan dan mendekati mobil-mobil yang terjebak kemacetan,” ungkapnya.

Menjelang Lebaran 2019, BI memprediksi peningkatan 13,5 persen kebutuhan uang kartal di Indonesia dibandingkan dengan Lebaran 2018. Tahun ini, diperkirakan kebutuhan uang kartal mencapai Rp 217,1 triliun.

Nah, kalau sobat Millens mau menukarkan uang, sebaiknya jangan terlalu mepet Lebaran ya biar nggak kelamaan antre. (IB09/E04)