Setelah Ditinggal Mudik, Rumah Kudu Dibersihkan

Setelah Ditinggal Mudik, Rumah Kudu Dibersihkan
Pentingnya bersih-bersih rumah setelah ditinggal mudik. (Ciptaresik)

Salah satu hal penting yang harus dilakukan setelah mudik adalah membersihkan rumah. Meski sepele, hal ini dapat menghindarkanmu dari penyakit-penyakit yang bisa muncul dari kotoran.

Inibaru.id – Energi yang dibutuhkan pemudik memang sangat banyak. Bagaimana tidak, setelah melalui perjalanan yang panjang, sesampainya di rumah atau kos, pemudik dihadapkan dengan kondisi hunian yang kotor. Meski sebelum mudik sudah dibersihkan, usai ditinggal mudik, rumah tetap saja kotor karena debu dan kotoran lain.

Kondisi kotor tersebut bisa mengundang binatang seperti tikus, lalat, dan nyamuk nih. Lalat bisa menimbulkan berbagai penyakit infeksi usus baik yang hanya diare sampai yang berat seperti demam thypoid.

"Tikus juga bisa mengakibatkan penyakit demam kuning atau leptospirosis," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ari Fahrial Syam seperti ditulis laman Detik, Selasa (11/6/2019).

Untuk menghindari hal itu, sangat penting bagi pemilik rumah untuk membersikan rumah setelah ditinggal mudik. Kamu bisa memulainya dengan mengecek kondisi rumah seperti keadaan lantai, tong sampah, karpet, dan langit-langit ruangan.

Kamu juga perlu megecek genangan-genangan air seperti buangan kulkas, bak mandi yang nggak tertutup, kolam ikan, atau air conditioner (AC). tempat-tempat itu berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Genangan air itu mesti dibuang atau dikuras.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek ke dalam kulkas dan kondisi peralatan makanan. Ada baiknya kamu membersihkan peralatan makanan yang terbuka untuk menghindari bahaya kuman penyakit.

Tempat sampah juga nggak boleh luput dibersihkan. Usai dibersihkan, tutuplah tempat sampah agar nggak mengundang lalat atau serangga lain yang bisa menyebarkan kuman.

Setelah ditinggal beberapa hari, rumahmu mungkin akan terasa lembap karena udara dan sinar matahari terhalang masuk. Bukalah semua pintu dan jendela rumah supaya sirkulasi udara menjadi lancar dan sinar matahari bisa mengurangi kelembapan.

Eits! Setelah bersih-bersih jangan lupa mencuci tangan ya, Millens! Kebiasaan mencuci tangan ini juga dapat mencegah penyakit dan mengurangi penyebaran kuman dari satu barang ke barang lain. Selamat bersih-bersih ya! (IB07/E04)