Pentingkah Belanja Baju Lebaran Di Masa Pandemi Corona?

Pentingkah Belanja Baju Lebaran Di Masa Pandemi Corona?
Ilustrasi belanja baju lebaran di tengah pandemi corona. (Ajnn)

Sudah menjadi tradisi membeli baju saat Lebaran tiba. Namun ditengah pandemi corona seperti sekarang ini, pentingkah membeli baju Lebaran? Berikut penjelasannya.

Inibaru.id - Masyarakat Indonesia mengenal budaya membeli baju baru untuk merayakan Idulfitri. Hal ini berlangsung di setiap akhir bulan Ramadan, termasuk menjelang Lebaran tahun ini. Hanya, mengingat belakangan ini Indonesia sedang dilanda pandemi Corona yang mematikan, apakah sebaiknya budaya membeli baju Lebaran ini tetap dilakukan?

Perencana keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, dalam kondisi yang tak pasti ini, langkah terbaik adalah bijak dalam mengatur pengeluaran Ramadan, termasuk dalam hal belanja keperluan Lebaran.

“Sederhananya sih mereka harus mengatur prioritas apa yang harus dikeluarkan dan tujuan pengeluarannya. Jika untuk Lebaran maka harusnya jangan terlalu boros di bulan puasa,” kata Eko kepada Jumat (1/5/2020).

Menurutnya, hal yang seharusnya lebih diutamakan untuk saat ini adalah makanan, kebersihan rumah dan kesehatan. Jika ketiga hal tersebut sudah tercukupi, maka barulah kamu bisa memikirkan tentang berbelanja kebutuhan Lebaran 2020.

Lantas bagaimana dengan para desainer dan pebisnis di bidang mode menghadapi pandemi Covid-19 ini, ya?

Belanja untuk keperluan Lebaran. (Flickr/boristhaser)
Belanja untuk keperluan Lebaran. (Flickr/boristhaser)

Salah satu desainer terkenal di Indonesia, Ria Miranda yakin jika sebagian masyarakat Indonesia akan tetap mencari baju Lebaran. Hanya, penjualan baju Lebaran tahun ini sepertinya akan berkurang jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu.

Ria pun memilih untuk tetap merilis koleksi Lebaran di 2020 ini. Dia meluncurkan model baju Lebaran bertema Nagari dengan sentuhan kampung halamannya, Padang. Dia mengaku pemilihan model ini untuk mengobati rindunya karena nggak bisa mudik.

Keoptimisan yang sama juga disampaikan oleh Zyta Delia Rahma dan business development advisor di ZytaDelia Official, A. Ziki dari brand fashion Zyta Delia. Keduanya dikenal sukses berbisnis di bidang busana muslim online. Zyta mengatakan bahwa mereka memiliki konsumen setia yang tetap membeli produk mereka meski ditengah pandemi seperti ini.

Sementara itu, desainer Ivan Gunawan menerapkan strategi berbeda dalam merilis koleksi busana untuk Hari Raya. Sejak awal Ramadan tahun ini, Ivan merilis koleksi premium yang menurutnya setara dengan busana dari brand dunia. Tak hanya bisa dipakai saat Lebaran, baju premium yang baru saja diluncurkannya itu juga bisa dipakai pada hari istimewa lainnya.

Hanya, sebaiknya memang kamu tetap mematuhi saran pemerintah untuk nggak keluar rumah jika nggak benar-benar membutuhkannya. Kalau memang ingin beli baju Lebaran, sebaiknya lewat belanja online saja, ya Millens? Hal ini demi memutus rantai penularan virus corona. Toh, ada banyak diskon yang bisa kamu dapatkan kalau belanja online, kok. (Kom/IB24/E07)