Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Cacar Monyet

Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Cacar Monyet
Cacar monyet yang berawal dari Afrika sudah mulai memasuki Singapura. (Shutterstock)

Saat ini, publik sedang digegerkan dengan kehadiran cacar monyet. Persebarannya pun telah sampai negara tetangga, Singapura. Seperti apa sebenarnya virus ini?

Inibaru.id - Setelah cacar monyet atau Monkeypox sudah terbukti sampai di Singapura, berbagai dinas kesehatan di Batam mulai bersiaga untuk memperketat pengawasan di bandara dan pelabuhan untuk mencegah penularannya.

Kamu sudah tahu seperti apa sih virus ini? Kalau belum tahu mari simak ya!

Ditularkan dari Monyet atau Binatang Pengerat

Monkeypox virus (MPXV) ditularkan langsung dari hewan-hewan liar seperti monyet khususnya hingga hewan-hewan pengerat seperti tikus dan tupai. Virus ini berasal dari pedalaman desa-desa terpencil di wilayah Afrika Tengah dan Barat sejak tahun 1970-an.

Penularannya melalui kontak dan kontaminasi cairan seperti darah atau dengan hewan terinfeksi.  Memakan daging hewan yang terinfeksi juga menjadi salah satu penyebab besar. Penularan dari anusia ke manusia kemungkinannya kecil.

Satu Kasus Ditemukan di Singapura

Satu pasien yang terdeteksi virus tersebut ternyata tiba di negara Singapura pada Minggu (28/4/2019). Dikonfirmasi dari Reuters, Singapore’s Ministry of Health atau Kementrian Kesehatan Singapura mengungkapkan pasien tersebut sempat mengonsumsi daging yang terinfeksi di sebuah pesta pernikahan.

Sekira 23 orang yang berada di dekat orang tersebut telah diperiksa untuk mencegah adanya penularan.

Negara-Negara yang Terjangkit

Sebelum Singapura, ditemukan kasus cacar monyet di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Israel. Bahkan kasus di Inggris yang terjadi pada September lalu berhubungan dengan kedatangan orang-orang Nigeria.

Cacar Monyet Bisa Merenggut Nyawa

Cacar monyet ini hampir mirip dengan human smallpox atau penyakit cacar mematikan yang telah membunuh ratusan jiwa selama abad 20. Untuk monkeypox ini sering disebut versi nggak mematikan dari smallpox.

Saat menyerang tubuh manusia, virus ini mempunyai 2 fase. Pertama adalah invasi yang berlangsung selama 5 hari sejak gejala awal. Ditandai dengan badan lemas dan nyeri punggung.

Lalu periode kedua fase erupsi kulit ruam yang akan muncul di seluruh permukaan kaki. Termasuk juga telapak tangan dan kaki, area yang kalau cacar biasa nggak terkena dampaknya.

Indonesia Wajib Berhati-hati

Meskipun kemungkinan virus monkeypook kecil untuk masuk ke Indoneisa, tapi tetap saja semua pihak harus waspada. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengoperasikan thermal scanner di sejumlah bandara.

Hm, semoga nggak ada orang lagi yang kena ya Millens? (IB28/E05)