Pengin Makan Durian Tanpa Terganggu Baunya? Cobalah Buah Lai!

Pengin Makan Durian Tanpa Terganggu Baunya? Cobalah Buah Lai!
Buah lai, duriannya Kalimantan. (Steemkr/@bangausamparan)

Buah lai yang berasal dari Kalimantan bentuknya hampir sama dengan durian. Bedanya dengan durian, buah lai nggak memiliki bau yang menyengat.

Inibaru.id – Kamu nggak suka durian karena baunya yang menyengat? Meskipun bagi pecinta durian baunya adalah surga, bau yang menyengat ini bagi sebagian orang dianggap bikin pusing hingga mual.

Bagimu yang nggak suka dengan bau durian ini ada baiknya mencoba buah lai. Yap, buah dari Kalimantan ini secara tampilan mirip dengan durian, tapi aromanya nggak menyengat lo. Orang di Kalimantan Utara menyebutnya pula dengan buah ruas. Buahnya banyak bergelantungan ketika musimnya tiba.

Daging buah lai yang berwarna kuning tua dan terkadang jingga ini berbuah pada akhir dan awal tahun. Sekitar Januari sampai Maret dengan puncak panen terjadi pada Februari. Buah dengan nama ilmiah Durio kutejensis ini merupakan keluarga durian yang hidup di daerah tropis.

Pohon lai mirip dengan pohon durian. Batang pohon dan tinggi pohon memiliki ukuran sedang. Daunnya besar dan tebal dengan panjang sekitar 20-25 cm. Ketika panen, ukuran buahnya bervariasi dari kecil sampai sedang dan berbobot sekitar 1-2 kilogram.

Soal rasa, kamu jangan berharap buah lai mirip dengan durian ya. Selain nggak ada aroma yang menyengat, buah lai nggak selegit buah durian. Meski begitu, persamaan buah lai dengan durian yaitu pada rasanya. Buah lai memiliki rasa manis, ada pula yang pahit. Daging lai juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan durian.

Fakta ini membuat buah lai menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang nggak menyukai bau durian. Buat orang Brunei Darussalam, ternyata mereka lebih menyukai buah lai daripada buah durian lo.

Kalau kamu sedang berada di Kalimantan, jangan lupa mencicipinya ya, Millens! (MG26/E06)