Pengin Dibayar Karena Naik Sepeda? Datang Saja ke Sini!

Pengin Dibayar Karena Naik Sepeda? Datang Saja ke Sini!
Bersepeda menjadi kultur di Belanda. (Amusingplanet)

Bersepeda memang baik untuk kebugaran tubuh, sekaligus nyaman di kantong. Terus, bagaimana jika dapat satu lagi keuntungan, yakni dibayar karena naik sepeda? Hm, datang saja ke sini!

Inibaru.id – Belakangan ini tren naik sepeda sedang digandrungi masyarakat. Nggak hanya untuk berolahraga atau menikmati pemandangan, kini semakin banyak orang bersepeda ke tempat kerja, sekolah, dan tempat lainnya. Bersepeda juga mengurangi kemacetan, selain juga ramah lingkungan.

Kalau kamu suka bersepeda, beruntunglah kamu! Selain untuk membeli dan merawat, bisa dikatakan kamu memang nggak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan, termasuk menghabiskan uang untuk bahan bakar. Nah, bagaimana jika kesukaanmu bersepeda itu dibayar? Tentu mengasyikkan, bukan? 

Di Belanda,  parkir sepeda bahkan dibuat vertikal karena begitu banyak yang membawa sepeda. (Youtube/Vervoerregio)
Di Belanda,  parkir sepeda bahkan dibuat vertikal karena begitu banyak yang membawa sepeda. (Youtube/Vervoerregio)

Aturan ini bisa kamu temukan di Belanda. Yap, selama ini Negeri Kincir Angin memang dikenal memiliki budaya bersepeda yang sangat kuat. Mengayuh pedal di jalan adalah aktivitas yang sangat lazim di sana. Ke mana pun bersepeda.

Bahkan, saking penginnya menjadikan bersepeda sebagai kultur, pemerintah Belanda membuat kebijakan yang cukup menarik, yakni memberi insentif bagi pesepeda. Deputi Menteri Infrastruktur Belanda, Stientje van Veldhoven sempat mengimbau semua orang untuk keluar dari mobilnya.

“Mari gunakan sepeda!” tuturnya.

Ada jalur khusus pesepeda di Belanda. (Thetyee)
Ada jalur khusus pesepeda di Belanda. (Thetyee)

Niat pemerintah setempat untuk memberi insentif memang bukanlah isapan jempol, Mereka mengaku siap memberikan bayaran sebanyak 19 sen Euro atau sekitar Rp 3.000 per kilometer bagi warga yang berangkat ke tempat kerja dan pulang mengayuh sepeda. Program ini melibatkan sejumlah perusahaan.

Belanda bukanlah satu-satunya negara yang menerapkan kebijakan ini. Di Prancis, sekitar 20 perusahaan dan institusi juga telah menerapkan aturan membayar karyawan yang memakai sepeda ke kantor, sebesar 25 sen Euro. Indonesia bisa menerapkan kebijakan ini nggak ya?

Bersepeda dilakukan di mana saja di Negeri Kincir Angin. (Amusingplanet)
Bersepeda dilakukan di mana saja di Negeri Kincir Angin. (Amusingplanet)

Oya, di Belanda, pengguna sepeda dikenal sebagai kelompok orang yang dihormati, lo. Di negara kecil tersebut, setidaknya 22 juta orang aktif menggunakan sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Separuh warga Belanda diperkirakan mengayuh sepedanya sekitar 7,5 kilometer setiap hari.

Pemerintah pun mengakomodasi hal ini dengan menyediakan puluhan ribu jalur khusus sepeda yang nggak bisa diganggu oleh kendaraan bermotor seperti mobil.

“Kondisi ini mengurangi kemacetan lalu lintas dan memberikan ruang lebih bagi orang-orang yang terpaksa memakai mobil,” lanjut van Veldhoven.

Bersepeda. (Oddviser)
Bersepeda. (Oddviser)

Kalau menurut kamu, perlu nggak aturan memberikan insentif bagi para pesepeda juga diberlakukan di Indonesia, Millens? Kemacetan mungkin berkurang dan polusi udara bisa menurun, kan? (CNN/E07/E03)