Pengin Dapat Foto Jalanan yang Kece? Simak Tips Street Photography dari Komunitas Fotografi Semarang (KFS) Ini

Street Photography merupakan foto yang banyak mengambil latar di ruang publik. Banyak ajang perlombaan fotografi yang mengambil tema ini. Lalu bagaimana tips agar mendapatkan street photography yang baik?

Pengin Dapat Foto Jalanan yang Kece? Simak Tips <em> Street Photography</em> dari Komunitas Fotografi Semarang (KFS) Ini
Para anggota KFS sedang membahas trik mendapatkan Street Photography. (Inibaru.id/ Audrian F)

Inibaru.id  - Saya sering mendengar lomba fotografi dengan tema street photography. Karena penasaran, saya akhirnya mengikuti gathering yang diadakan Komunitas Fotografi Semarang (KFS). Topik malam itu tips mendapatkan tangkapan street photography atau fotografi jalanan yang ciamik.

Charles Hadi, wakil ketua KFS pun bersedia merangkum penjabaran dari dua pembicara yakni Lim Winasdy dan Kristanto Gunawan yang malam itu hadir.

Penguasaan Kamera

Untuk menghasilkan gambar maksimal, kamu harus menguasai kamera. Sebab dalam street photography, objek yang akan kamu ambil adalah objek yang sifatnya spekulatif atau nggak terencana. Jadi kamu harus pandai-pandai mengatur bagaimana mengatur settingan kamera termasuk menyesuaikan cahaya yang ada.

Kurangi Barang Bawaan

Hal pertama yang harus kamu cermati saat ingin mengambil foto jalanan adalah dengan memperhatikan barang bawaan. Mungkin sebagai saran, bawalah barang-barang seperlunya saja agar kamu bisa leluasa bergerak dan nggak capek saat berjalan hilir-mudik. Sepele sih tapi masuk akal banget.

Prediksi Kejadian

Nah, karena sifatnya spekulatif, street photography memerlukan insting yang terlatih. Artinya, kamu harus mampu memperkirakan kapan objekmu itu akan bergerak. Nggak gampang memang, tapi bisa dilatih kok dengan memperbanyak referensi.

Unik

Sementara untuk objek yang didapat, kamu juga harus bisa menemukan fragmen yang unik. Contohnya, kamu sedang berada di pantai, biasanya orang-orang akan memakai baju longgar atau minim. Tetapi ada seseorang yang malah memakai baju ketat dan tertutup. Pokoknya terkesan panas sekali jika tipe pakaian tersebut dipakai di tengah terik pantai. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mamotret ironi-ironi yang tertuang pada fragmen foto tersebut.

Kualitas Foto Nggak Diutamakan

Boleh percaya boleh nggak. Dalam street photography sebetulnya nggak harus menggunakan kamera yang bagus. Lupakan tipe-tipe DSLR, mirrorless atau digital. Nggak harus pakai itu kok. Kamera gawai pun juga bisa, Millens. Apalagi sekarang kamera-kamera gawai kualitasnya sudah hampir menyamai kamera-kamera sungguhan.

Karena itulah, hasilnya pun nggak harus yang berkualitas. Kekuatan foto berada di kisah yang tertuang di dalamnya. Mantap! (Audrian F/E05)