Pengin Beli Baju Lebaran di Online Shop Tapi Ragu? Ikut Saja Tips Ini!

Pengin Beli Baju Lebaran di Online Shop Tapi Ragu? Ikut Saja Tips Ini!
Tips beli baju di online shop agar bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Beli baju di online shop mudah untuk dilakukan. Meski begitu kalau nggak cermat, bisa jadi baju yang didapat nggak sesuai dengan keinginan. Nah, berikut adalah tips untuk melakukannya agar aman.

Inibaru.id – Di zaman serba online seperti sekarang ini, beli baju di online shop tentu bisa jadi pilihan. Sayangnya, di balik segala kepraktisan berbelanja secara daring, banyak lo yang masih khawatir untuk melakukannya. Hal ini disebabkan oleh kita nggak bisa benar-benar mengecek baju secara langsung. Karena itu sedikit sulit untuk memastikan kualitas atau ukurannya.

Nah, biar kamu nggak lagi khawatir beli baju di online shop, ada kok beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Berikut adalah tips-tipsnya.

1.       Pastikan Mengecek Detail Baju di Foto dengan Seksama

Kalau kamu membeli baju secara daring, sebaiknya jangan mudah tergoda model yang terlihat cantik. Meski kamu sudah tertarik, cek dulu di bagian fotonya. Perbesar untuk memastikan seperti apa detail dari baju tersebut. Ingat, foto baju di toko daring dibuat sedemikian rupa agar menarik pelanggan.

Kalau kamu nggak ingin ambil risiko dengan model baju yang belum tentu cocok, sebaiknya memilih model baju yang cenderung aman saja deh, Millens.

2.       Kamu Harus Tahu Ukuran Baju yang Pas dengan Badanmu

Salah satu kekurangan dari beli baju di online shop adalah kamu nggak bisa mencoba dulu baju tersebut. Kalau kekecilan atau kebesaran, tentu nggak cocok, kan? Nah, untungnya, banyak penjual di toko daring yang mengakalinya dengan menyematkan ukuran baju, baik itu panjang, lebar, lingkar badan, dan lain-lain.

Nah, kamu pun tinggal mengukur sendiri seberapa ukuran baju yang pas dengan badanmu. Kamu bisa mengukur baju yang sudah kamu miliki di rumah. Jika nggak, kamu juga bisa meminta keluarga atau teman mengukur badanmu dengan pengukur jahitan, Millens.

Meski mudah, belanja online harus dilakukan dengan teliti. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)
Meski mudah, belanja online harus dilakukan dengan teliti. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

3.       Pastikan Penjual Punya Reputasi Terpercaya

Kalau yang ini kamu harus cermat, Millens. Belilah baju di penjual yang sudah punya reputasi terpercaya. Caranya bisa dengan mengecek bintang di e-commerce atau di kolom ulasan. Selain itu, akan jauh lebih baik jika penjual memiliki respons yang cepat untuk menjawab pertanyaan para pelanggan.

4.       Sebaiknya Membayar dengan Sistem COD

Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan saat beli baju di online shop. Jika ada yang bisa COD, sebaiknya kamu prioritaskan. Dengan cara ini, kamu bisa membayar begitu barang sampai di tanganmu. Kalau barangnya ternyata nggak sesuai dengan yang kamu pesan, bisa deh dikembalikan sebelum kamu bayar.

5.       Cek Metode Pengiriman Barang

Nah, metode pengiriman barang juga harus kamu perhatikan. Pilihlah jasa ekspedisi yang bisa mencapai tempat tinggal kamu. Jika bisa, pilihlah yang biayanya paling murah. Kalau ada yang gratis ongkos kirim, tentu bakal lebih bagus, Millens.

Dengan memperhatikan berbagai tips di atas, kamu bisa aman deh beli baju di online shop. Nggak ribet, kan, Millens? (Sho/IB09/E05)