Penggunaan Masker Saat Olahraga, Aman Nggak Sih?

Penggunaan Masker Saat Olahraga, Aman Nggak Sih?
Tetap pakai masker saat berolahraga ya (parenting.orami.co.id)

Akibat pandemi Covid-19, segala aktivitas di luar ruangan sebaiknya dilakukan dengan memakai masker. Hanya, apakah hal ini berarti saat berolahraga kita juga harus memakainya?

Inibaru.id – Penggunaan masker saat berolahraga memang dianjurkan sebagai cara mencegah penyebaran virus corona. Hal ini disebabkan oleh masker merupakan salah satu alat pelindung diri di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 ini. Hanya, sebenarnya aman nggak sih memakai masker saat kita sebenarnya membutuhkan banyak oksigen saat berolahraga?

Dokter spesialis olahraga Michael Triangto menjelaskan tentang penggunaan masker saat olahraga. Dia termasuk orang yang menganjurkannya, hanya dengan catatan, olahraga yang dilakukan intensitasnya rendah hingga sedang.

“Kalau intensitas berat memang nggak kami rekomendasikan untuk menggunakan masker, kami hanya menyarankan yang ringan sampai sedang. Penggunaan masker, jelas menguntungkan untuk mencegah kita terinfeksi dari orang lain dan kita menginfeksi orang lain,” kata Michael.

Dokter juga mengatakan bahwa demi menjaga sistem imun tubuh, kamu perlu rajin berolahraga. Meski begitu, jangan yang berat-berat. Olahraga dengan intensitas yang ringan asalkan dilakukan rutin dan berkala sudah dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hanya, kalau kamu terbiasa melakukan olahraga berat, bisa kok melakukannya di dalam ruangan atau di sekitar rumah yang dilakukan sendiri tanpa orang lain. Pastikan untuk menghindari kerumunan orang demi mencegah penularan virus.

“Caranya bagaimana? Apakah nggak boleh mengambil nilai? Boleh, Tapi caranya jarak harus dijaga agar jauh. Harus tetap jaga jarak,” tutur Michael.

Penggunaan masker saat berolahraga memang dapat mengurangi aliran udara. Namun, kondisi ini masih memungkinkan orang bernapas. Hanya, kadar oksigen yang dihirup agak berkurang. Asal intensitas olahraga masih sedang, dampaknya tidak akan begitu berbahaya.

Sementara itu, bagi mereka yang menderita penyakit kardiovaskular, penyakit asma, gangguan paru, dan lainnya, harus cermat saat berolahraga, termasuk dalam memakai masker saat melakukannya. Orang dengan riwayat penyakit pernapasan umumnya lebih cocok berolahraga di dalam ruangan tanpa harus menggunakan masker.

“Pantau intensitas latihan anda dan pertahanan tubuh untuk menghindari gejala seperti pusing hingga pingsan,” saran Grayson Wickhman, ahli terapi fisik.

Selain intensitas, perhatikan juga jenis masker yang digunakaan saat hendak berolahraga. Penggunaan masker N95 nggak disarankan saat berolahraga. Kamu dianjurkan menggunakan masker medis atau  masker kain.

Nah, nggak perlu bingung lagi ya soal memakai masker saat berolahraga, Millens(Cnn/MG31/E07)