Penelitian Ini Ungkap Alasan Orang Bahagia Ketika Berada di Dekat Air?

Penelitian Ini Ungkap Alasan Orang Bahagia Ketika Berada di Dekat Air?
Berada di dekat air membuat hati bahagia. (depositphoto)

Ketika berada di pantai atau danau, ada sensasi yang membahagiakan. Tapi kenapa bisa begitu ya?

Inibaru.id - Pernahkah nggak menyadari, mengapa duduk di dekat pantai atau danau yang tenang ditambah angin sepoi-sepoi bikin kamu jauh lebih rileks? Ternyata menurut sains, berada di sekitar air memang sangat baik untuk kesehatan mental karena bisa meningkatkan kebahagiaan.

Hal ini diamini Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog berbasis di New York. Dia mengungkapkan terdapat keterkaitan antara air dan kesehatan mental, sebab sejatinya air memberikan efek menenangkan.

“Mungkin bagi sebagian orang, air membawa mereka kembali ke kenangan masa kecilnya seperti berenang di kolam, danau atau laut. Perairan memiliki banyak memori baik di sana. Hanya dengan menatap air saja dapat membuat pikiran kita tenang dan damai,” ujar Hafeez.

Setali tiga uang dengan Hafeez, para penliti dari Inggris juga melakukan penelitian terkait hubungan alam dengan kesehatan mental manusia. Mereka mengukur detak jantung dan tekanan darah para peserta ketika diminta menyaksikan berbagai aquarium ikan. Aquarium ikan pertama dibiarkan kosong,  kedua diisi sebagian ikan dan tanaman, dan yang terakhir diisi dengan dua kali lipat jumlah hewan.

Hasilnya…

Memandang aneka biota laut bisa menghilangkan stres. (Central Florida Lifestyle via Rumah)
Memandang aneka biota laut bisa menghilangkan stres. (Central Florida Lifestyle via Rumah)

Ternyata, rata-rata, pengunjung tinggal lebih lama di depan aquarium yang diisi banyak biota laut. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa alam memberi efek menenangkan dan mengurangi stres.

Vinay Saranga, seorang psikiater dan pendiri Saranga Comprehensive Psychiatry di North Carolina juga setuju akan hal itu. Dalam ilmu psikologi, warna biru pada air bisa memberikan efek relaksasi dan ketenangan.

Selain itu, berada di sekitar air juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, membawa reksasi, meningkatkan kreativitas, dan membawa kebahagiaan secara umum.

Wah, menakjubkan banget ya, Millens? Jadi, kalau pas stres belok saja ke pantai ya! (Fim/IB21/E03)