Pendukung Berulah, UEFA Ancam Sanksi Ajax dan Tottenham Hotspur

Pendukung Berulah, UEFA Ancam Sanksi Ajax dan Tottenham Hotspur
Pendukung Tottenham Hotspur. (Talksport)

Pendukung Ajax dan Tottenham Hotspur diketahui masuk ke dalam lapangan dan membuat kericuhan saat pertandingan perempat final Liga Champions. Kedua klub ini pun terancam denda dari UEFA.

Inibaru.id – Dua klub yang berpartisipasi dalam babak perempat final Liga Champions 2018/2019, Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur terancam sanksi federasi sepakbola Eropa (UEFA). Ancaman sanksi itu muncul lantaran ulah pendukung mereka masing-masing pada laga perempat final Liga Champions yang dilangsungkan pekan ini.

Laman Detik, Jumat (12/4/2019) menulis, pendukung Ajax melempar sejumlah benda ke dalam lapangan saat tim dari Ibukota Belanda ini menjamu raksasa Italia Juventus pada Rabu (10/4) di Johan Cruyff Arena. Dalam laga yang berakhir dengan skor imbang 1-1 ini, juga terjadi kekacauan yang disebabkan tingkah fans Ajax yang memblokir tangga stadion.

Salah satu fans Ajax juga hampir menyerang Cristiano Ronaldo yang kini membela Juventus. Fans ini masuk ke dalam lapangan saat bintang asal Portugal tersebut sedang merayakan gol pembuka. Steward dengan sigap menghalau penyusup tersebut sebelum melakukan tindakan yang lebih buruk.

Sementara itu, Spurs terancam sanksi akibat salah satu pendukungnya menyusup ke dalam lapangan menjelang akhir pertandingan melawan Manchester City. Lebih ironisnya lagi karena pertandingan tersebut adalah untuk pertama kalinya Spurs menjalankan pertandingan Liga Champions di stadion barunya.

Fans Spurs yang menyusup ini sempat melakukan kontak dengan pemain City Fabian Delph. Pelatih Spurs Mauricio Pochettino bahkan sampai masuk ke dalam lapangan demi menenangkan situasi sebelum akhirnya petugas melakukan tindakan.

Berdasarkan Pasal 16 dari Regulasi UEFA yang membahas tentang masuknya pendukung ke lapangan saat pertandingan, Spurs dan Ajax terancam denda sebesar 5.000 Euro atau sekitar Rp 79 juta. Namun, denda tersebut bisa saja lebih besar, khususnya bagi Ajax karena ulah pendukungnya yang dinilai jauh lebih parah.

Pengumuman tentang sanksi ini bakal diumumkan Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA pada 16 Mei mendatang.

Tindakan pendukung yang nakal ini jangan ditiru, ya, Millens! (IB09/E04)